Kompas.com - 20/04/2016, 18:57 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

PAPEETE, KOMPAS.com - Dua nelayan bertarung melawan seekor hiu dengan tangan kosong. Pertarungan terjadi setelah ikan buas itu menyerang kedua nelayan yang sedang mencari ikan di kepulauan karang di French Polynesia, wilayah negara Perancis di pasifik selatan.

Salah satu nelayan, Hoatua lotua mengaku, dia bersama sepupunya Teva Tokoragi sedang mencari ikan menggunakan tombak panjang (harpoon gun). Toba-tiba, muncul hiu abu-abu sepanjang dua meter.

Tokoragi kemudian mencoba mengejar hiu yang telah terkena tombak. Iotua mengatakan, mereka berupaya melepaskan mata tombak itu. Mereka yakin hiu itu akan tenang dan tak melawan.

Namun, kenyataannya berbeda. Hiu itu kembali ke arah Tokoragi dan menyasar lengannya.

Tokoragi memukuli kepala hiu yang mencengkram lengannya, sampai gigitan terlepas. Tokoragi lalu berupaya kembali ke arah perahu. 

Ternyata pertarungan belum berakhir. 

"Saya kembali ke kapal, tapi hiu itu menggigit lutut saya, dan saya serasa terseret ke dalam laut. Saya lalu berjibaku lagi dengan ikan itu. Saya serang ikan itu, tapi dia tak melepas lutut saya," kata Tokoragi. 

Ketika memegangi kepala ikan itu, Tokoragi mencoba merobek sirip hiu dengan pisau, namun upaya itu justru melukai betis dan pergelangan tangannya. Nelayan itu pun semakin melemah, karena kehilangan banyak darah. 

Iotua lalu terjun ke air dan mencoba membuka mulut hiu. "Saya tekan kepalanya, dan dengan cepat kembali ke kapal," kata Iotua.

Tokoragi menderita sekian banyak luka, dan dilarikan oleh pihak rumah sakit ke Tahiti, di mana dia menjalani operasi. 

"Satu di antara mereka, menderita luka parah. Kakinya digigit dan robek menganga, juga pergelangan tangannya," kata Wali Kota Kepulauan Makemo, Felix Tokoragi,  sambil menunjukkan foto korban.

"Kami tidak mempunyai obat yang memadai di sini, dan dia menderita sekali. Kami mencoba menjahit luka namun darah terus mengucur, " kata dia. 

Iotua pun mendapat luka dan dijahit di rumah sakit yang sama, Kamis pekan lalu. Serangan hiu sangat jarang terjadi di French Polynesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.