Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Imigran Karam di Lepas Pantai Libya, 8 Tewas dan 27 Hilang

Kompas.com - 18/04/2016, 18:33 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Setidaknya delapan imigran Afrika tewas dan tak kurang dari 27 orang lainnya hilang, saat kapal yang mengangkut rombongan tersebut terbalik di lepas pantai Libya.

Lembaga Kemanusiaan asal Perancis SOS Mediterranee menyebutkan, kapal penyelamat the Aquarius menyelamatkan 108 imigran dari laut dalam insiden yang terjadi Minggu (17/4/2016).

Salah satu imigran yang selamat menyebutkan, kapal yang ditumpanginya itu mengangkut 135 orang saat lepas dari Pelabuhan Sabratha, Libya.

Kantor Berita AFP mewartakan, delapan orang dipastikan tewas dalam kecelakaan ini. Enam jenazah diangkat dari lokasi kecelakaan, sementara dua lainnya terbawa ombak di laut.

Setelah terjadi kepanikan, puluhan orang jatuh ke dalam air, sebelum perahu penyelamat datang. Kecelakaan terjadi setelah sembilan jam kapal itu berlayar dari Libya.

Para korban yang selamat diketahui berasal dari 11 negara Afrika. Berdasarkan data the International Organisation for Migration, ada 352 orang yang tewas dalam pelayaran dari Libya ke Italia sejak awal tahun hingga tanggal 15 April 2016. 

Lebih dari 24.000 imigran berhasil masuk ke Italia. Hampir semua dijemput di laut oleh kapal SAR multinasional dan petugas penyelamat yang bekerja di bawah koordinasi pengawas pantai Italia. 

Sementara itu, SOS Mediterranee mengoperasikan the Aquarius dalam kerjasama dengan organisasi medis untuk kemanusiaan Doctors without Borders (MSF).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com