Kompas.com - 17/04/2016, 18:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Kelompok bersenjata yang datang dari wilayah Sudan Selatan membunuh tak kurang dari 140 orang dan menculik sebagian lainnya, dalam serangan yang dilakukan di perbatasan Etiopia.

Keterangan resmi ini disampaikan pihak Pemerintah Etiopia, seperti dikutip Kantor Berita AFP, Minggu (17/4/2016). 

Kelompok bersenjata suku Murle melakukan serangan dekat wilayah Gambella. "Mereka juga menculik sebagian dari mereka," kata Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tewolde Muluteg.

Suku Murle yang berasal dari Sudan Selatan, selama ini berkedudukan di bagian barat negara bagian Jonglei. Mereka memang kerap melakukan serangan untuk mencuri ternak. 

Sementara, wilayah Etiopia di Gambella, berada kira-kira 50 kilometer di sebelah selatan perbatasan Sudan. Wilayah ini menjadi kampung halaman suku Nuer, satu dari dua suku utama di negara itu.

Selain itu, tercatat ada 272 ribu pengungsi dari Sudan Selatan yang melarikan diri ke Gambella, akibat perang saudara yang pecah di Sudan, sejak Desember 2013. 

"Pasukan kami langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku penyerangan,: kata Muluteg tanpa mengungkapkan apakah pasukan Etiopia akan masuk ke teroritial Sudan atau tidak. 

"Saya tidak mempunyai perjelasan rinci terkait kasus ini. Lagi pula situasinya pun masih terus berkembang," jawab dia. 

Dia pun mengatakan, di kawasan perbatasan, pencurian ternak dan pertikaian adalah dua hal yang biasa terjadi.

"Kami tidak berpikir kelompok bersenjata itu memiliki kaitan dengan Pemerintah Sudan Selatan, atau pemberontak," kata Muluteg lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.