Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Sementara, Gempa Bermagnitudo 7,8 di Ekuador Tewaskan 28 Orang

Kompas.com - 17/04/2016, 11:49 WIB

KOMPAS.com — Gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncang Ekuador merupakan yang terbesar selama satu dekade terakhir di negara tersebut. Laporan terakhir, gempa itu mengakibatkan 28 orang tewas dan merusak sebagian bangunan di kota Guayaquil.

Pemerintah daerah di Andean meminta masyarakat di tepi pantai untuk menjauh lantaran adanya peringatan tsunami akibat gempa tersebut.

Alarm peringatan tsunami sudah berbunyi dan memicu penduduk di tepi pantai untuk pergi ke daerah yang lebih tinggi.

"Berdasarkan laporan yang diterima, ada 16 orang korban tewas di kota Portoviejo, 10 orang di kota Manta, dan 2 orang di Provinsi Guayas," kata Wakil Presiden Jorge Galas dalam siaran televisi setempat seperti dikutip Reuters, Minggu (17/4/2016).

Badan khusus geofisika di Ekuador menyebut adanya kemungkinan kerusakan di bagian barat tepi laut Ekuador meski tidak dijelaskan kerusakan jenis apa yang akan terjadi.

Gempa tersebut terjadi pada Sabtu dini hari tadi dengan kedalaman 20 kilometer. Saat gempa terjadi, Presiden Rafael Correa sedang berada di Italia.

Warga berhamburan ke luar rumah mereka saat gempa terjadi. Mereka langsung menuju ke jalan-jalan untuk terhindar dari reruntuhan bangunan dan mencari tahu apa yang terjadi.

"Saya sedang di rumah dan menonton film, lalu tiba-tiba semuanya bergoyang. Saya langsung lari ke luar rumah dan ke jalan," kata Lorena Cazares (36), warga di Quito, seperti dikutip Reuters.

Dikabarkan Reuters, pemerintah memperlihatkan bangunan seperti jembatan yang roboh di Guayaquil dan tower bandara juga roboh di kota Manta.

Fasilitas listrik dan telepon di beberapa kota juga tidak dapat digunakan. Beredar foto di media sosial adanya retakan di pusat perbelanjaan. (Baca: Gempa 7,8 di Ekuador, Warga Berhamburan ke Jalan-jalan)

United States Geological Survey (USGS) menyebut gempa bermagnitudo 7,8, kemudian Pacific Tsunami Warning menyebut adanya potensi tsunami dari gempa tersebut.

Adapun gelombang tsunami diperkirakan mencapai ketinggian 1 meter di atas permukaan laut. Tsunami berpotensi terjadi di beberapa pantai di Ekuador.

Kompas TV Tips Selamat dari Gempa
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com