Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Polandia: Rusia Lebih Berbahaya ketimbang ISIS

Kompas.com - 16/04/2016, 18:43 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Polandia Witold Waszczykowski membuat pernyataan kontroversial, Jumat (15/4/2016).

Saat berkunjung ke Slowakia, Witold mengatakan, Rusia jauh lebih berbahaya ketimbang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Dari semua bukti, aktivitas Rusia merupakan ancaman karena aktivitasnya bisa menghancurkan banyak negara," kata Witold dalam debat tentang masa depan NATO di forum keamanan Globsec di Bratislava.

"Kita juga menghadapi ancaman non-ekstensial seperti terorisme, seperti gelombang migran," tambah Witold seperti dikutip kantor berita Polandia, PAP.

Dia menambahkan, ISIS merupakan ancaman yang sangat serius, tetapi organisasi itu bukan ancaman jangka panjang bagi Eropa.

Lebih jauh Witold menyerukan agar NATO menyetujui pengerahan pasukan di perbatasan sisi timur aliansi itu saat KTT NATO digelar di Warsawa pada Juni mendatang.

"Ini merupakan simbol determinasi untuk mempertahankan sayap timur (NATO). Kita bisa diskusikan skala pengerahan pasukan itu," tambah dia.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ceko Martin Stropnicky mengatakan, kemampuan pertahanan kolektif NATO akan menjadi agenda utama KTT mendatang.

Namun, Stropnicky menambahkan, Rusia juga tak akan dilupakan dalam KTT NATO di Warsawa itu.

"Rusia secara aktif menguji kemampuan pertahanan NATO di kawasan Baltik, di mana beberapa negara berada di bawah tekanan," ujar Stropnicky seperti dikabarkan kantor berita Ceko, CTK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com