Kompas.com - 16/04/2016, 10:22 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

MOSKWA, KOMPAS.com — Ganteng, muda, dan sangat kaya. Itulah sosok Kirill Shamalov, suami Katerina Tikhonova, putri kandung nomor dua Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kirill dinobatkan majalah Forbes sebagai miliarder muda Rusia dan orang muda terkaya di dunia. Kompas.com mengetahui hal itu dari situs majalah tersebut, Jumat (15/4/2016) malam. Forbes telah merilisnya pada 30 Maret lalu.

Usia Kirill genap 34 tahun pada Maret lalu. Menurut Forbes, para pejabat menolak untuk mengonfirmasi pernikahan dengan Tikhovova atau bahwa dia adalah putri Putin.

Kirill adalah putra bungsu pemegang saham Bank Rossiya, Nikolai Shamalov, seorang teman lama Putin. Kini ia menjadi pemegang saham terbesar kedua di petrokimia raksasa Sibur.

Raksasa petrokimia Rusia itu telah mendapat suntikan dana pada Desember 2015 ketika perusahaan China, Sinopec, membeli 10 persen saham Sibur sebesar 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 17,1 triliun.

Kirill merupakan jebolan hukum dari Universitas Negeri St Petersburg dan menjadi Wakil Presiden Sibur pada usia 26 tahun.

Pada tahun 2014, menurut Forbes, Kirill membeli saham di Sibur dari miliarder Gennady Timchenko, seorang teman lama Putin yang terkena sanksi atau masuk daftar hitam Amerika Serikat (AS).

Forbes mengatakan, jumlah orang kaya di Rusia telah menurun dari 88 orang pada tahun 2015 menjadi 77 orang pada tahun 2016.

Majalah tersebut mengatakan, menantu Putin itu terdaftar di antara 77 orang kaya Rusia. Ia juga adalah orang muda terkaya di dunia. Dalam rentang tiga tahun ini, kekayaannya meledak dengan nilai 1,3 miliar dollar AS atau Rp 17,1 triliun sehingga masuk Forbes Billionaires List 2016.

Faktor utama yang mendongkrak Kirill adalah faktor oligarki kekuasaan, yakni koneksi yang sangat dekat dengan orang paling berkuasa di Rusia, yakni Presiden Vladimir Putin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.