Kompas.com - 15/04/2016, 16:25 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Jumat (15/4/2016), mengatakan, militer negaranya berhak menembak jatuh pesawat Rusia.

Pernyataan Kerry itu untuk menanggapi adanya dua pesawat Rusia yang melintasi beberapa meter dari kapal perang AS di Laut Baltik, Senin (11/4/2016).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kedua pesawat Sukhoi Su-24 itu berbalik arah setelah mengamati kapal perang USS Donald Cook di Laut Baltik.

Kerry mengkritik aksi Angkatan Udara Rusia itu dan telah menghubungi Moskwa.

"Kami mengecam sikap semacam ini. Itu adalah tindakan sembrono, provokatif, dan berbahaya," Kata Kerry dalam wawancara dengan Miami Herald dan CNN Espanol.

Dalam wawancara itu, Kerry menambahkan, "Di bawah aturan yang berlaku, bisa terjadi penembakan jatuh (pesawat Rusia)."

Kerry tidak menjelaskan secara spesifik mengapa Angkatan Laut (AL) AS di kapal USS Donald Cook tidak melepaskan tembakan ke arah dua pesawat Rusia itu.

Namun, menurut Kerry, AS tidak akan diintimidasi di lautan dalam.

Berdasarkan keterangan sejumlah pejabat AS, dua pesawat Rusia itu terbang belasan kali untuk mendekati USS Donald Cook.

Dalam satu kesempatan, dua pesawat Rusia itu malah melintas hanya sejauh sembilan meter dari badan kapal USS Donald Cook sehingga menimbulkan gelombang besar di sekitar kapal.

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, USS Donald Cook berlayar dekat dengan pangkalan AL Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.