Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Buaya Kanibal yang Santap Sesamanya Terekam Video

Kompas.com - 14/04/2016, 19:30 WIB

MIAMI, KOMPAS.com — Sudah banyak yang tahu jika buaya adalah binatang buas. Namun, tak banyak yang tahu jika buaya juga bisa memangsa sesama buaya.

Aksi kanibalisme para buaya ini tertangkap kamera di kawasan suaka Circle B Bar di Lakeland, Florida. Seekor buaya yang berukuran besar memangsa sesama buaya yang lebih kecil.

Sejumlah orang di beberapa lokasi suaka seluas 512 hektar itu menyaksikan sang buaya raksasa mengunyah seekor buaya kecil.

Sejumlah orang itu kemudian menggunggah foto dan video yang mereka dapat ke YouTube dan media sosial.

Alex Figueroa, salah seorang yang mengabadikan peristiwa itu, memperkirakan buaya besar itu berukuran setidaknya empat meter.

Sementara itu, Andrew Lilyquist, yang juga merekam kejadian tersebut, mengatakan kepada stasiun televisi WFTS di Tampa, dia mendengar ada perkelahian buaya dan langsung mengambil kameranya.

"Jantung saya berdegup sangat kencang. Saya melihat kepalanya yang besar dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa ini akan sangat hebat," ujar Andrew.

Meski beberapa orang terpukau dengan kejadian ini, para ahli mengatakan, kanibalisme di antara buaya adalah hal biasa.

"Ini adalah perilaku normal di antara buaya. Mereka sewaktu-waktu bisa menjadi kanibal," kata Garry Morse, petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Florida.

Serangan yang dilihat banyak orang selama beberapa hari itu, menurut Gary, kemungkinan besar melibatkan buaya yang sama.

"Hal yang biasa dilakukan buaya adalah mereka menyimpan mangsanya di satu tempat selama satu atau dua pekan hingga daging mangsanya itu empuk sehingga mereka bisa menyobek-nyobeknya," kata Gary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com