Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Rusia Terbang Rendah di Atas Kapal Perang AS

Kompas.com - 14/04/2016, 17:23 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur Su-24 milik AU RUsia terbang melintas hanya beberapa meter di atas sebuah kapal perang AS Donald Cook di Laut Baltik dengan cara yang "agresif". Demikian disampaikan sejumlah pejabat AS, Rabu (13/4/2016).

Komando Eropa milter AS (EUCOM) mengatakan, pesawat tempur itu melintas hanya sembilan meter di atas kapal perang yang sedang melakukan simulasi penyerangan di laut internasional 70 mil dari Kaliningrad, kawasan kantung di kawasan Baltik.

"Kami prihatin atas manuver pesawat tempur Rusia yang berbahaya dan tak profesional," demikian pernyatan resmi EUCOM.

"Tindakan ini berpotensi untuk memicu ketegangan yang tidak perlu antara kedua negara dan bisa menghasilkan sebuah salah perhitungan," tambah EUCOM.

Selain merilis pernyataan resmi, EUCOM juga memperlihatkan video yang memperlihatkan jet tempur itu melintas sangat dekat dengan USS Donald Cook.

Seorang pelaut AS bahkan terdengar mengatakan bahwa pesawat itu terbang lebih rendah dari titik tertinggi di kapal tersebut.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengecam aksi terbang lintas yang dilakukan jet tempur Rusia itu.

"Seluruhnya tidak sesuai dengan norma militer profesional dalam hal saling medekati di perairan dan ruang udara internasional," ujar Earnest.

Sejak awal pekan ini, dua jet tempur Rusia jenis SU-24 melintasi USS Donald Cook dalam jarak kurang dari 914 kilometer dan terbang dalam ketinggian 1.448 kilometer.

Tak lama setelah kedua Su-24 itu terbang begitu dekat kapal itu, tetapi sayap pesawat "kedar" yang artinya pesawat itu tak membawa senjata.

Sementara itu, juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov mengatakan, kru jet tempur Su-24 yang melintas di atas kapal perang USS Donald Cook sudah memenuhi semua aturan keselamatan. Demikian dikabarkan kantor berita Interfax.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com