Kompas.com - 14/04/2016, 17:23 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur Su-24 milik AU RUsia terbang melintas hanya beberapa meter di atas sebuah kapal perang AS Donald Cook di Laut Baltik dengan cara yang "agresif". Demikian disampaikan sejumlah pejabat AS, Rabu (13/4/2016).

Komando Eropa milter AS (EUCOM) mengatakan, pesawat tempur itu melintas hanya sembilan meter di atas kapal perang yang sedang melakukan simulasi penyerangan di laut internasional 70 mil dari Kaliningrad, kawasan kantung di kawasan Baltik.

"Kami prihatin atas manuver pesawat tempur Rusia yang berbahaya dan tak profesional," demikian pernyatan resmi EUCOM.

"Tindakan ini berpotensi untuk memicu ketegangan yang tidak perlu antara kedua negara dan bisa menghasilkan sebuah salah perhitungan," tambah EUCOM.

Selain merilis pernyataan resmi, EUCOM juga memperlihatkan video yang memperlihatkan jet tempur itu melintas sangat dekat dengan USS Donald Cook.

Seorang pelaut AS bahkan terdengar mengatakan bahwa pesawat itu terbang lebih rendah dari titik tertinggi di kapal tersebut.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengecam aksi terbang lintas yang dilakukan jet tempur Rusia itu.

"Seluruhnya tidak sesuai dengan norma militer profesional dalam hal saling medekati di perairan dan ruang udara internasional," ujar Earnest.

Sejak awal pekan ini, dua jet tempur Rusia jenis SU-24 melintasi USS Donald Cook dalam jarak kurang dari 914 kilometer dan terbang dalam ketinggian 1.448 kilometer.

Tak lama setelah kedua Su-24 itu terbang begitu dekat kapal itu, tetapi sayap pesawat "kedar" yang artinya pesawat itu tak membawa senjata.

Sementara itu, juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov mengatakan, kru jet tempur Su-24 yang melintas di atas kapal perang USS Donald Cook sudah memenuhi semua aturan keselamatan. Demikian dikabarkan kantor berita Interfax.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.