Kompas.com - 13/04/2016, 17:26 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

BERLIN, KOMPAS.com — Maret lalu, Menteri Luar Negeri Turki Ahmed Davutoglu memanggil Duta Besar Jerman untuk Turki di Ankara, Martin Erdmann.

Hal itu terkait dengan sindiran terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di televisi Jerman yang dikecam banyak pihak.

Pada acara Extra 3, dalam pertunjukan mingguan di televisi lokal Jerman, NDR, muncul video musik bertajuk "Erdowie, Erdowo, Erdogan" (pelesetan dari "Erdo-bagaimana, Erdo-di mana, Erdo-kapan"), edisi 17 Maret lalu.

Erdogan pun marah besar. Hubungan Jerman dan Turki sempat memanas.

Kritik kasar yang disampaikan satiris Jerman, Jan Bohmermann, terhadap Erdogan itu belakangan mempersulit posisi Kanselir Angela Merkel.

Jerman, negara yang kuat di Uni Eropa,  menyokong kebebasan pers dan berekspresi. Namun, Jerman membutuhkan bantuan dalam hal mengatasi masalah pengungsi atau migran.

Media Jerman, Deutche Welle (DW), melaporkan, Erdogan telah mengajukan tuntutan hukum resmi terhadap pelawak, satiris, dan moderator Jan Bohmermann.

Hal itu terjadi karena Bohmermann membacakan puisi yang menghina dan bersifat kasar secara seksual di televisi Jerman, ZDF. Puisi tersebut ditujukan terhadap Erdogan.

Sebelum membacakan puisinya dalam acara televisi, Bohmermann beberapa kali menekankan bahwa dengan isi puisi itu, ia melanggar batasan yang diperbolehkan bagi sebuah satire.

Kini, ZDF menghapus puisi Bohmermann dari media situsnya. Namun, masalah itu kini berkembang jadi isu politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.