Kompas.com - 12/04/2016, 21:02 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

NEW DELHI, KOMPAS.com — Surat kabar utama India, Times of India, dikecam oleh para netizen di media sosial, Selasa (12/4/2016). Hal tersebut disebabkan harian itu pada hari ini memasang foto Kate Middleton, istri Pangeran William dari Inggris, dengan rok yang tersingkap ditiup angin.

Foto Kate dipasang di halaman depan media itu dengan tajuk, "Kate’s Marilyn Moment at India Gate". Gaun putih Kate, bergaya tahun 1950-an, itu tertiup angin sehingga bagian bawahnya terangkat hingga separuh paha.

Para pembaca marah dan mengecam harian itu. Mereka menuding Times of India tidak menghormati Duchess of Cambridge.

Harian berpengaruh di India itu pun menjadi salah satu topik tren di media sosial Twitter, Selasa pagi. Para pengguna mempertanyakan kebijakan redaksional memasang foto rok tersingkap hingga separuh paha itu.

Gaun bergaya 1950-an yang dipakai Kate mengingatkan sosok ikonik Marilyn Monroe. Dengan mengenakan gaun itu, oleh media, Kate dilihat sedang mengalami "momen Marilyn Monroe".

Kate bersama suaminya, Pangeran William, sedang meletakkan karangan bunga di India Gate, yang merupakan memorial perang, ketika gambar itu dijepret pewarta foto.

"Jurnalisme tak bermoral memang hebat," kicau Sagun di Twitter menyindir harian itu.

"Bagus sekali Times of India! Tamu kita mengunjungi India dan inilah foto yang Anda putuskan untuk dipasang di halaman depan," kicau pengguna Twitter lainnya.

Netizen lainnya mengaitkan foto halaman itu dengan insiden tahun lalu ketika surat kabar yang sama dikritik setelah mempromosikan video sejumlah aktris Bollywood dengan judul "OMG! Deepika Padukone's cleavage show" yang dianggap melecehkan wanita.

Surat kabar Inggris juga mewartakan foto Kate di India itu. Namun, mereka tampil lebih santun. Beberapa menampilkan foto gaun Kate yang tersingkap ditiup angin, tetapi tidak seronok seperti Times of India.

Tabloid populer Inggris The Sun memasang foto rok tersingkap Kate di halaman depan dengan judul "A Royal Flash in India-Kate's Marilyn Moment".  

Harian yang lebih konservatif, The Daily Telegraph, menyarankan agar Kate mengikuti saran Ratu Inggris bahwa ia harus memberi beban kecil di lapisan bawah gaunnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.