Kompas.com - 06/04/2016, 13:46 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

TOKYO, KOMPAS.com – Tokyo, Rabu (6/4/2016), menyatakan siap bekerja sama dengan Moskwa dan mengumpulkan informasi terkait dengan aktivitas kelompok terlarang Aum Shinrikyo di Rusia.

Dalam penggerebekan besar-besaran di 25 tempat di Moskwa dan St Petersburg, Selasa (5/6/2016),  polisi Rusia menangkap 10 pengikut sekte Aum Shinrikyo. Meski telah dilarang sejak tahun 1995, sekte itu diam-diam beroperasi.

Kesiapan Jepang untuk bekerja sama dengan Rusia terkait sekte tersebut diungkapkan oleh Kepala Sekretarat Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, seperti dilaporkan kantor berita TASS, Rabu  ini.

“Para diplomat kami sedang berkerja sama dengan pihak Rusia dan sejumlah agen dengan tujuan mengumpulkan informasi (terkait aktivitas pemusjaan sekte itu),” kata Suga.

Suga menyampaikan komentarnya terkait dengan penangkapan 10 pengikut aliran sesat Aum Shinrikyo dalam penggerebekan di 25 tempat di Moskwa dan St Petersburg, Selasa.

Juru bicara Komite Investigasi (IC) Rusia, Vladimir Markin, sebelumnya mengatakan, sebuah kasus criminal telah dibuka terhadap aktivitas sebuah kelompok “kekerasan terhadap warga dan mencederai kesehatan mereka”. Ia merujuk pada praktek terlarang pengikut Aung Shinrikyo.

Sebuah pengadilan di Moskwa telah melarang pengoperasian Aum Shinrikyo di Rusia sejak jatuhnya keputusan hakim pada 18 April 1995. Keputusan itu terjadi setelah 13 orang tewas dan lebih dari 6.300 orang lainnya terluka akibat praktik sesat Aung Shinrikyo.

Pemimpin Aum Shinrikyo, Shoko Asahara dan 12 anggota kelompoknya dihukum mati di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.