Kompas.com - 05/04/2016, 18:19 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BEIRUT, KOMPAS.com - Kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) melakukan serangan ke pangkalan udara militer di timur Suriah dengan menggunakan senjata gas mematikan.

Kabar itu diwartakan Kantor Berita SANA seperti dikutip AFP,  Selasa (5/4/2016). Namun dalam berita itu tidak disebutkan dengan jelas barapa banyak prajurit Suriah yang tewas dalam serangan tersebut.

Selama ini pangkalan udara yang berada di sebelah timur kota yang terbelah, Deir Ezzor, memang dikuasai oleh militer Suriah. 

"Teroris ISIS menyerang pangkalan udara di Deir Ezzor dengan roket yang dilengkapi senjata gas mematikan, hingga banyak prajurit yang mati lemas," demikian bunyi laporan yang lansir Senin malam tersebut. 

Serangan ini merupakan yang terbaru yang dilakukan kelompok teroris itu, dengan menggunakan senjata gas di kawasan Suriah dan perbatasan Irak. 

Pada 9 Maret lalu, serangan dengan menggunakan senjata gas juga dilakukan teroris ISIS di Kota Taza, sebelah selatan Kirkuk.

Serangan itu menyebabkan tiga anak tewas dan melukai sekitar 1.500 orang terluka, baik luka bakar maupun luka saluran pernafasan. 

Sejak tahun 2014, teroris ISIS telah berupaya untuk merebut Deir Ezzor dari tangan militer Suriah.

Alasannya  adalah, lokasi ini menjadi satu-satunya rute pasokan logistik selain pengiriman dari udara. Lebih dari 200.000 warga sipil hidup di bawah pengepungan ISIS di sana. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.