Kompas.com - 04/04/2016, 12:04 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Reklamasi lahan, seperti yang kini menjadi masalah hukum di Jakarta, sebenarnya banyak dilakukan di berbagai belahan dunia.

Tujuannya bermacam-macam, namun paling sering tujuan reklamasi adalah menambah luas wilayah atau  untuk keperluan pembangunan infrastruktur.

Salah satu proyek reklamasi terbesar adalah Polder Beemster di Belanda. Proyek ini dikerjakan pada 1612 dan langsung menambah luas negeri itu sebesar 70 kilometer persegi.

Reklamasi juga dilakukan di Hongkong pada 1890 lewat Skema Reklamasi Praya yang menambah luas bekas jajahan Inggris itu antara 20-24 hektar.

Selain itu reklamasi juga kerap dilakukan untuk membuat sebuah pulau baru. Proyek semacam ini contohnya Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang atau Bandara Internasional Hongkong.

Contoh pulau buatan lain yang dibangun untuk kepentingn bisnis misalny The Palm Islands, The World dan hotel Burj al-Arab di Dubai, Uni Emirat Arab.

Berikut sejumlah proyek reklamasi yang pernah dilakukan di seluruh dunia:

Banglades: negeri ini sudah mereklamasi tanah seluas 110 kilometer persegi dan berpotensi mereklamasi higga 12.000 kilometer persegi hingga kedalaman laut 12 meter.

Belanda: sekitar seperenam luas negeri ini atau sekitar 7.000 kilometer persegi sudah direklamasi dari laut, danau dan rawa-rawa.

Korea Selatan: hingga 2006, 38 persen atau 1.550 kilometer persegi tanah pesisir sudah direklamasi. Distrik bisnis internasional Songdo seluas 600 hektar adalah proyek reklamasi terbesar yang dilakukan pihak swasta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.