Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan Luncurkan Aplikasi untuk Ponsel Pintar

Kompas.com - 04/04/2016, 07:30 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Kelompok Taliban Afganistan ternyata juga mulai merangkul teknologi digital dengan membuat aplikasi telepon pintar Android untuk menyebarkan pesan-pesannya.

Aplikasi yang dinamai Alemarah itu, memberikan tempat untuk video-video dan pernyataan resmi Taliban yang dimuat dalam bahasa Pashtun.

Namun, aplikasi ini langsung disingkirkan dari Google Play Store setelah organisasi SITE Intel Group yang berbasis di AS melaporkan masalah ini.

Dengan menciptakan aplikasi ini, Taliban berusaha semakin meningkatkan kehadiran mereka di era digital ini.

Sebelumnya, Taliban sudah lama menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan para pendukungnya.

Lewat Twitter, seorang juru bicara Taliban mengelola sebuah akun resmi untuk menyebarkan propaganda, sementara para simpatisannya menyebarkan kembali pernyataan Taliban sambil mengecam pemerinth Afganistan.

Taliban juga mengelola sebuah saluran di layanan pesan terenkripsi, Telegram dan sebuah situs yang terdiri dari lima bahasa, termasuk bahasa Inggris, berisi berbagai pernyataan dan analisa sepekan.

Seorang peneliti kelompok militan dari Institut Universitas Eropa, Tore Hamming mengatakan, aplikasi ini adalah bagian dari persaingan Taliban dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

ISIS telah lama dikenal sangat aktif menggunakan teknologi digital untuk propaganda mereka. Kini, sebagian anggotanya sudah muncul di Afganistan.

"Aplikasi yang diluncurkan dalam bahasa Pashtun menunjukkan bahwa sasaran utamanya adalah penduduk lokal dan bisa diartikan untuk meningkatkan pengaruh di wilayah timur Afganistan, di mana ISIS berada misalnya di Nangarhar dan Paktika," papar Hamming.

Tahun lalu, ISIS mengembangkan sebuah aplikasi Android untuk memastikan komunikasinya di luar platform digital yang mudah dipantau seperti Facebook dan Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com