Kompas.com - 03/04/2016, 12:50 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

KAUKASUS, KOMPAS.COM - Puluhan orang tewas dalam baku tembak antara tentara Azerbaijan dan Armenia di Nagorno-Karabakh, wilayah sengketa di Kaukasus, Sabtu (2/4/2016).

Menurut pemerintah Armenia, 18 tentara etnik Armenia tewas dan 35 orang lainnya terluka.dalam baku tembak itu. Sedangkan di sisi Azerbaijan, 12 tentaranya tewas dengan satu helikopter tentara ditembak jatuh. Total korban jiwa di kedua sisi ialah 30 orang.

Pemimpin Rusia dan Barat, seperti dilaporkan Sky News,  menyerukan gencatan senjata demi mengakhiri konflik antara dua negara pecahan Uni Soviet itu, yang terjadi sekitar 20 tahun ini.

Presiden Armenia  Serzh Sarkisian melukiskan, insiden baku tembak itu sebagai bentuk permusuhan terbesar sejak gencatan senjata berakhir pada tahun 1994.

Nagorno-Karabakh telah berada dalam kendali etnis separatis Armenia separatists sejak perang berakhir pada tahun 1994.

Rusia, negara yang telah menjual senjatanya ke dua negara itu, menyerukan agar segera dilakukan gencatan senjata di kedua sisi yang bertikai.

Awal insiden sejauh ini masih simpang siur. Azerbaijan mengklaim tentara mereka dihujani artileri berkaliber besar, namun berhasil merebut dua bukit strategis serta sebuah desa.

Di sisi lain, pemerintah Armenia berkeras bahwa Azerbaijan telah melancarkan serangan besar-besaran dengan sejumlah tank, artileri, dan helikopter.

BBC News melaporkan, ada jatuh korban sipil baik dari pemerintah Azerbaijan maupun Armenia. Kementerian Pertahanan di Karabakh yang disokong Armenia, misalnya, melaporkan bocah 12 tahun dan dua anak lainnya meninggal dunia.

Para saksi mata mengatakan,  sejumlah orang dievakuasi dari beberapa desa dekat zona konflik. Bahkan, ada warga yang bersembunyi di ruang bawah tanah rumah mereka.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.