Kompas.com - 31/03/2016, 18:16 WIB
EditorErvan Hardoko

PESHAWAR, KOMPAS.com - Pemerintah kota Peshawar, Pakistan menawarkan hadiah bagi warga yang bisa membunuh tikus setelah menerima keluhan warga terkait semakin banyaknya tikus di kota itu.

Menurut laporan warga, tikus-tikus yang berkeliaran itu bukan tikus biasa, sebab tubuh hewan pengerat ini mencapai lebih dari 30 sentimeter.

"Tikus-tikus ini begitu besar hingga kucing pun takut saat melihat mereka," kata Hammad Khan, seorang warga Peshawar.

"Tikus ini mengunyah semuanya mulai dari makanan, pakaian hingga menghancurkan struktur bangunan," tambah Hammad.

Warga kota mengatakan hewan ini tinggal di selokan-selokan terbuka yang banyak terdapat di kota itu. Mereka keluar pada malah hari dan banyak ditemukan di kawasan-kawasan kumuh.

"Kami terus menerima keluhan ini sehingga akhinya kami memutuskan untuk memberi hadiah (untuk pembunuh tikus)," kata Arbab Mohammad Asim, seorang pemimpin distrik.

Pemerintah menetapkan hadiah sebesar 25 sen atau sekitar Rp 3.500 per tikus di sebagian wilayah kota. Di beberapa wilayah hadiahnya mencapai Rp 38.000 per ekor.

"Kami harap langkah ini bisa membantu untuk mengurangi jumlah tikus di kota ini," kata Mohammad Asim.

Sementara itu, Menteri Utama provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Inayatullah Khan mengatakan, sebuah komite sudah dibentuk untuk mencari penyebab pesatnya perkembangan tikus di kota Peshawar.

Khan menambahkan, komite itu nantinya akan menyusun rencana untuk membasmi hewan pengerat itu dari kota Peshawar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.