Kompas.com - 30/03/2016, 15:59 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MOSKWA, KOMPAS.com  - Seorang polisi terbunuh dan dua lainnya terluka, ketika dua kendaraan yang membawa bom diledakkan dengan kontrol jarak jauh, di wilayah Dagestan, Rusia, Selasa (29/3/2016) malam. 

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. 

"Dua mobil diledakkan, namun tipe bahan peladak dan alat kontrol yang gunakan hingga kini belum terungkap pasti," kata Jurubicara Kepolisian Dagestan, Fatina Ubaidatova, kepada Kantor Berita Reuters dalam wawancara per telepon. 

Sebelumnya, the Amaq, yang menjadi media pendukung gerakan ISIS, mengunggah pernyataan di situs mereka. Pernyataan tersebut menyebut ISIS berada di balik serangan itu. 

Berdasarkan pernyataan online itu, ledakan tersebut disebut menewaskan 10 polisi. Namun hingga berita ini diturunkan, Reuters belum bisa mendapatkan sumber independen yang memastikan berapa banyak korban. 

ISIS sebelumnya juga pernah melakukan serangan serupa terhadap pasukan keamanan di utara Caucasus. Lokasi itu banyak dihuni oleh umat Muslim di Rusia, di mana Dagestan berada.

Kemudian, pada Februari lalu, juga terjadi serangan serupa di Dagestan. Di Dagestan, yang lokasinya berbatasan dengan Chechnya, memang terdapat orang yang mengaku bergabung dengan ISIS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.