Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Ledakkan Bom Mobil di Wilayah Rusia, Polisi Tewas

Kompas.com - 30/03/2016, 15:59 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com  - Seorang polisi terbunuh dan dua lainnya terluka, ketika dua kendaraan yang membawa bom diledakkan dengan kontrol jarak jauh, di wilayah Dagestan, Rusia, Selasa (29/3/2016) malam. 

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. 

"Dua mobil diledakkan, namun tipe bahan peladak dan alat kontrol yang gunakan hingga kini belum terungkap pasti," kata Jurubicara Kepolisian Dagestan, Fatina Ubaidatova, kepada Kantor Berita Reuters dalam wawancara per telepon. 

Sebelumnya, the Amaq, yang menjadi media pendukung gerakan ISIS, mengunggah pernyataan di situs mereka. Pernyataan tersebut menyebut ISIS berada di balik serangan itu. 

Berdasarkan pernyataan online itu, ledakan tersebut disebut menewaskan 10 polisi. Namun hingga berita ini diturunkan, Reuters belum bisa mendapatkan sumber independen yang memastikan berapa banyak korban. 

ISIS sebelumnya juga pernah melakukan serangan serupa terhadap pasukan keamanan di utara Caucasus. Lokasi itu banyak dihuni oleh umat Muslim di Rusia, di mana Dagestan berada.

Kemudian, pada Februari lalu, juga terjadi serangan serupa di Dagestan. Di Dagestan, yang lokasinya berbatasan dengan Chechnya, memang terdapat orang yang mengaku bergabung dengan ISIS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com