Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Usia 184 Tahun, Hewan Tertua di Dunia Ini Dimandikan untuk Pertama Kali

Kompas.com - 29/03/2016, 12:10 WIB

JAMESTOWN, KOMPAS.com Jonathan, seekor penyu raksasa yang diyakini sebagai hewan tertua yang hidup di muka bumi, akhirnya dimandikan untuk pertama kalinya setelah 184 tahun.

Pemerintah Pulau Saint Helena, Inggris, mengunggah sebuah video berisi rekaman proses pemandian pada Sabtu, 19 Maret 2016, itu ke jejaring YouTube. 

Di dalam rekaman itu, terlihat seorang dokter hewan, Joe Hollins, menggosok punggung penyu itu dengan menggunakan spons.

Hollins mengaku telah berkonsultasi dengan para ahli lainnya untuk memastikan metode yang tepat dalam memandikan Jonathan.

"Pemandian adalah murni untuk alasan estetika," ungkap Hollins.

"Kami ingin para pengunjung di pulau ini bisa menyaksikan penyu ini dalam bentuk sebenarnya, tanpa diganggu dengan lumut-lumut di cangkangnya," kata dia.

Menurut Hollins, banyak hal menarik di pulau ini dan Jonathan menjadi yang paling terkenal. "Kami ingin wisatawan melihat Jonathan dalam bentuk terbaiknya," kata Hollins.

Jonathan adalah seekor penyu asal Seychelles, sebuah wilayah dengan 115 pulau di Samudra Hindia, sebelah timur Afrika. Nama latinnya adalah Aldabrachelys gigantea hololissa.

Jonathan hidup di Pulau Saint Helena, sebuah teritori Inggris di sebelah selatan Samudra Atlantik. Dia dibawa ke pulau itu dari wilayah Seychelles pada tahun 1882, bersama tiga penyu lainnya, saat berusia 50 tahun.

Pada periode tahun 1930-an, Gubernur setempat, Sir Spencer Davis, memberi nama Jonathan untuk penyu ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com