Kompas.com - 28/03/2016, 15:30 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

DETROIT, KOMPAS.com - Seorang pilot yang bekerja di maskapai American Airlines di Detroit, Amerika Serikat, diamankan sesaat sebelum bertugas menerbangkan pesawatnya.

PIlot tersebut karena kedapatan mabuk. Dia diketahui terlalu banyak minum alkohol pada pagi hari, sebelum bertugas.

Awalnya, seperti diberitakan Huffington Post, petugas Transportation Security Administration (TSA) memergoki kondisi pilot yang namanya tak dipublikasikan itu, karena berlaku aneh ketika melintasi "security checkpoint".

Dia lalu menjalani tes pernafasan, dan terbukti dia tidak dapat lulus dalam pengujian itu. 

Aparat Administrasi Penerbangan Federal (FAA) pun mengonfirmasi temuan ini. Disebutkan, pilot yang bertugas sebagai co-pilot itu, tak bisa melakukan penerbangan dari Detroit seperti jadwal semula.

Pesawat dengan nomor penerbangan 736 tujuan Philadelphia yang dijadwalkan lepas landas pada pukul 7 pagi, Sabtu (26/3/2016) itu pun harus ditunda. Akibatnya, penumpang pun sempat terbengkalai di bandara.

“Libur musim semi berantakan, pilot-nya ditangkap karena diduga mabuk," tulis seorang penumpang di akun Twitter-nya.

“Keselamatan adalah prioritas utama kami. Kami memohon maaf kepada seluruh pelanggan, karena jadwal perjalanan mereka terganggu," demikian bunyi pernyataan tertulis American Airlines.

"Kami mendukung penegakan hukum. Pertanyaan lanjutan terkait kasus ini silakan diajukan kepada aparat penegak hukum."

Berdasarkan regulasi FAA, bagi setiap pilot yang memiliki kandungan alkohol dalam darah (BAC) lebih dari 0,04 persen atau yang baru mengonsumsi alkohol dalam empat jam terakhir, tidak dapat melakukan penerbangan. 

 

when your pilot gets drunk, your flight gets cancelled, and you've been up since 2am #sprangbreak

A photo posted by jenna barlage (@jxnnabar) on Mar 26, 2016 at 3:01am PDT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.