Kompas.com - 27/03/2016, 05:52 WIB
|
EditorAmir Sodikin

KOMPAS.com — Paus Fransiskus dalam misa Jumat Agung, Jumat (25/3/2016) waktu setempat di Vatikan, menyesalkan banyak orang dan pihak yang "cuci tangan" atas konflik di Timur Tengah. Padahal, akibat konflik itu, para pengungsi kini membanjiri sebagian Eropa dan negara-negara lain di dunia.

Pernyataan Paus Fransiskus tersebut mengacu pada tindakan Pontius Pilatus, gubernur ke-5 dari Provinsi Yudea, Kekaisaran Romawi. Ketika itu, sebagai wakil dari Kaisar Romawi, Pilatus punya kewenangan untuk membebaskan Yesus dari hukuman mati.

Namun, Pilatus justru memilih mencuci tangan dan menyerahkan Yesus kepada kaum Yahudi untuk disalibkan di Bukit Golgota.

"Hari ini, kami melihat diri-Mu (Yesus) dalam wajah anak-anak, para perempuan yang ketakutan akibat perang dan kekerasan. Beberapa orang dari mereka harus pula menghadapi kematian. Sementara itu, banyak 'Pilatus' yang mencuci tangan mereka," kata Paus, Jumat, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Pernyataan Paus berikutnya lebih menohok. Paus Fransiskus mengecam para politisi yang seolah menumpahkan minyak dalam kobaran api konflik di kawasan Timur Tengah. Para politisi itu menyebabkan konflik seolah tiada berujung.

Konflik di Timur Tengah dalam beberapa dekade terakhir tidak pernah mereda. Selalu ada kehendak dari para pemimpin tertentu untuk memperluas wilayah atau menguasai sumber daya alam tertentu.

Kali ini, dalam misa Jumat Agung, para produsen dan pengedar senjata juga tidak luput dari "serangan" Paus.

Menurut Paus Fransiskus, para produsen senjata ikut bertanggung jawab untuk memberikan amunisi terhadap perang-perang yang menumpahkan darah dari saudara-saudara yang tidak bersalah.

Pengungsi Muslim

Sesuai tradisi Katolik, baik Paus maupun pastor di gereja-gereja Katolik akan memilih para imam atau umat dengan reputasi baik dalam karier atau dalam kehidupan bermasyarakat untuk dibasuh pada peringatan Kamis Putih.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.