Kompas.com - 24/03/2016, 18:41 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Angkatan Darat Irak, Kamis (24/3/2016), mengatakan, telah meluncurkan operasi militer yang kemungkinan akan berjalan lama dan sulit untuk merebut Mosul dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Angkatan Darat dan pasukan Paramiliter Mobilisasi Rakyat memulai tahap pertama operasi ini di wilayah utara Provinsi Nineveh.

Komando gabungan Irak mengatakan, sejauh ini, empat desa antara kota Qayyarah, yang masih dikuasai ISIS, dan Makhmur yang sudah direbut pasukan Irak didukung koalisi AS.

Pasukan Irak mengalami kemajuan cukup siginifikan dalam perang melawan ISIS, antara lain merebut kembali kota Ramadi dan Provinsi Anbar bulan lalu.

Namun, merebut kota Mosul akan menjadi hadiah terbesar bagi Irak dalam perang melawan ISIS ini.

Sementara itu, di Suriah, pasukan pemerintah kini juga tengah melakukan serangan untuk merebut kota kuno Palmyra dari tangan ISIS.

Di saat pasukan Suriah menyerbu, ISIS memerintahkan warga yang masih tinggal di kota itu untuk pergi meninggalkan kota bersejarah itu.

ISIS merebut kota berjuluk "Permata Gurun Pasir" itu pada Mei tahun lalu dan sejak itu sudah menghancurkan kuil-kuil kuno bersejarah dan menjarah benda-benda kuno berusia ribuan tahun.

Sejak ISIS menguasai kota itu, hanya 15.000 dari sekitar 70.000 penduduk kota itu yang bertahan di sana.

Jika kota ini bisa direbut kembali, itu akan menjadi kemenangan simbolis bagi Presiden Bashar al-Assad karena siapa pun yang menguasai Palmyra, dia juga menguasai gurun luas antara wilayah tengah Suriah dan Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.