Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Sebut Castro Tidak Hormat karena Tak Muncul di Bandara, Apa Komentar Gedung Putih?

Kompas.com - 21/03/2016, 11:00 WIB
HAVANA, KOMPAS.com  - Pesawat Air Force One yang mengangkut Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan rombongan mendarat di Bandar Udara Bandara Internasional Jose Marti, Havana, Kuba, Minggu (20/3/2016) petang, atau Senin WIB.

Saat turun dari pesawat kepresidenan itu, Obama hanya disambut sejumlah pejabat pemerintah. Mereka antara lain Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez dan Duta Besar Kuba untuk AS Jose Cabanas.

Baca: Guyuran Hujan, Jalan Sepi, dan Tatapan Tajam Polisi Sambut Obama di Havana...

Tak terlihat Presiden Kuba Raul Castro yang selama 15 bulan terakhir menjadi teman bicara Obama untuk membangun hubungan baru antara kedua negara. 

Ben Rhodes, Deputi Presiden AS untuk bidang keamanan nasional, seperti dikutip Kantor Berita Associated Press, mengatakan memang tidak pernah ada pembicaraan bahwa Castro akan menyambut di bandara.  

Sebaliknya, upacara penyambutan memang baru dijadwalkan digelar pada Senin pagi di istana. Menurut, Rhodes momen di hari Senin itulah yang akan menjadi tanda penyambutan resmi Castro untuk Obama.

Sebelumnya, kandidat calon Presiden AS dari Partai Republik melalui akun twitter-nya menyebut, tidak hadirnya Castro di bandara adalah bentuk ketidakhormatan terhadap AS.

Apalagi, sebelumnya Castro melakukan penyambutan di bandara saat Pemimpin Umat Katolik Sedunia Paus Fransisku berkunjung ke Kuba, September lalu.

Castro pun hadir saat pemimpin gereja ortodok Rusia Patriarch Kirill datang ke negara itu bulan lalu.  

Baca: Obama dan Keluarga Jalan Kaki Kunjungi Kota Tua Havana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com