Kompas.com - 21/03/2016, 11:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto
HAVANA, KOMPAS.com  - Pesawat Air Force One yang mengangkut Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan rombongan mendarat di Bandar Udara Bandara Internasional Jose Marti, Havana, Kuba, Minggu (20/3/2016) petang, atau Senin WIB.

Saat turun dari pesawat kepresidenan itu, Obama hanya disambut sejumlah pejabat pemerintah. Mereka antara lain Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez dan Duta Besar Kuba untuk AS Jose Cabanas.

Baca: Guyuran Hujan, Jalan Sepi, dan Tatapan Tajam Polisi Sambut Obama di Havana...

Tak terlihat Presiden Kuba Raul Castro yang selama 15 bulan terakhir menjadi teman bicara Obama untuk membangun hubungan baru antara kedua negara. 

Ben Rhodes, Deputi Presiden AS untuk bidang keamanan nasional, seperti dikutip Kantor Berita Associated Press, mengatakan memang tidak pernah ada pembicaraan bahwa Castro akan menyambut di bandara.  

Sebaliknya, upacara penyambutan memang baru dijadwalkan digelar pada Senin pagi di istana. Menurut, Rhodes momen di hari Senin itulah yang akan menjadi tanda penyambutan resmi Castro untuk Obama.

Sebelumnya, kandidat calon Presiden AS dari Partai Republik melalui akun twitter-nya menyebut, tidak hadirnya Castro di bandara adalah bentuk ketidakhormatan terhadap AS.

Apalagi, sebelumnya Castro melakukan penyambutan di bandara saat Pemimpin Umat Katolik Sedunia Paus Fransisku berkunjung ke Kuba, September lalu.

Castro pun hadir saat pemimpin gereja ortodok Rusia Patriarch Kirill datang ke negara itu bulan lalu.  

Baca: Obama dan Keluarga Jalan Kaki Kunjungi Kota Tua Havana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.