Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xanana Berikan Penghargaan kepada Wiji Thukul

Kompas.com - 18/03/2016, 16:21 WIB
DILI, KOMPAS.com – Mantan Perdana Menteri dan Presiden Timur Leste, Xanana Gusmao, telah memberikan penghargaan kepada aktivis Indonesia era Orde Baru, Wiji Thukul. Penghargaan diterima oleh anaknya, Fitri Nganthi Wani, dalam sebuah seminar.

Kedutaan Besar RI di Timor Leste, Jumat (18/3/2016), mengonfirmasi bahwa Xanana telah memberikan penghargaan kepada Wiji Thukul. Penghargaan anaknya, Fitri Nganthi Wani,  dalam sebuah acara seminar di Dili, Timor Leste, Jumat.

Sekretaris III Pensosbud Kedutaan Besar RI di Dili, Mardiana Warnares, mengatakan,  penghargaan itu diberikan saat seminar tentang hak Timor Leste atas Laut Timor, 16 Maret lalu,  di gedung pertemuan Delta Nova, Dili.

Menurut Diana, berdasarkan konfirmasi dari TV Timor Leste (TVTL) yang menyiarkan acara tersebut, penghargaan itu diberikan di sela-sela seminar itu. 

Salah satunya, menurut dia, penghargaan diberikan kepada Wiji Thukul sebagai sesama pejuang demokrasi.

Terkait munculnya isu di media sosial yang menyatakan dalam siaran TVTL, bahwa Xanana bercerita Wiji Thukul memasok dan merakit bom untuk tentara Timor Leste guna melawan milier Indonesia saat pergolakan sehingga Wiji Thukul meraih penghargaan itu, menurut Diana, hal itu tidak benar.

"Tadi dari Presiden Board-nya (TVTL) sudah membantah bahwa tidak ada yang diceritakan oleh Xanana," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com