Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Lakukan Genosida terhadap Orang Kristen, Syiah, dan Yazidi

Kompas.com - 17/03/2016, 20:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri John Kerry menegaskan, milisi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Irak dan Suriah telah melakukan genosida terhadap kelompok minoritas Kristen, Syiah, Yazidi, dan lainnya.

Hal itu diungkap Kerry di Washington DC, AS, Kamis (17/3/2016). Meski demikian, kata beberapa pejabat, Kerry tidak akan mewajibkan AS untuk mengambil tindakan-tindakan  tambahan terhadap kelompok garis keras itu.

DPR AS pekan ini mengeluarkan resolusi tidak mengikat terkait krisis di Suriah, terutama tentang kelompok ISIS yang telah melakukan banyak kekerasan mematikan dalam beberapa tahun ini. Sebanyak 393 anggota sepakat untuk mengecam aksi genosida oleh ISIS itu.

Meskipun AS terlibat dalam serangan militer terhadap ISIS dan telah membantu mencegah beberapa insiden pembersihan etnis, terutama Yazidi, beberapa advokat berpendapat, penentuan bahwa itu genosida akan memerlukan tindakan tambahan AS.

Konvensi PBB menyebutkan, genosida adalah "tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk memusnahkan secara keseluruhan atau sebagian, bangsa, etnis, ras atau kelompok agama."

Dalam sebuah laporan sebelumnya disebutkan, lebih dari 1.100 orang Kristen telah dibunuh ISIS. Belum lagi yang diculik, diperkosa, dijual sebagai budak dan diusir dari rumah mereka, yang diikuti dengan perusakan gereja.

Ribuan pengikut Yazidi dan penganut Muslim Syiah dibanti oleh ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com