Kompas.com - 16/03/2016, 08:39 WIB
EditorErvan Hardoko

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Kapal pasukan penjaga pantai Argentina mengejar dan menenggelamkan sebuah kapal nelayan China yang dituding menangkap ikan secara ilegal di perairan negeri Amerika Selatan itu, Senin (14/3/2016).

Dalam pernyataan yang dirilis pada Selasa (15/3/2016) waktu setempat, Dinas Penjaga Pantai Argentina mengklaim telah berupaya menghubungi kapal Lu Yan Yuan Yu 010 melalui radio.

Kemudian, salah satu kapal penjaga pantai melepaskan tembakan peringatan ketika kapal asal China itu berlayar menuju ke perairan internasonal.

Selanjutnya kapal tersebut dikejar dan ditenggelamkan. Adapun semua awak kapal, menurut Penjaga Pantai Argentina, diselamatkan.

Aksi pencurian ikan oleh kapal asing menjadi masalah yang terus meningkat di perairan Argentina.

“Dalam beberapa kesempatan, pelaku melakukan manuver yang betujuan menabrak penjaga pantai. Hal ini berisiko baik bagi awak kapal tersebut maupun terhadap personel penjaga pantai. Kemudian penjaga pantai diperintahkan menembak beberapa bagian dari kapal itu,” demikian pernyataan Dinas Penjaga Pantai Argentina.

Belum diketahui bagaimana pemerintah China merespon insiden ini. Namun, Dinas Penjaga Pantai Argentina mengaku telah melaporkan kejadian itu kepada perwakilan diplomatik China di Buenos Aires.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.