Kompas.com - 14/03/2016, 05:50 WIB
EditorErvan Hardoko
ANKARA, KOMPAS.com - Sebuah bom mobil bunuh diri berkekuatan besar meledak di sebuah lapangan yang ramai di pusat kota Ankara, Turki, Minggu (13/3/2016).

Aparat keamanan setempat mengatakan, ledakan bom itu menewaskan setidaknya 34 orang dan melukai 125 orang lainnya.

Ledakan yang terjadi di dekat sebuah halte bus di lapangan Kizilay ini merupakan serangan maut kedua di ibu kota Turki itu dalam waktu kurang dari satu bulan.

"Sebanyak 30 orang tewas di lokasi ledakan dan empat lainnya meninggal dunia di rumah sakit. 19 orang dalam kondisi kritis," kata Menteri Kesehatan Turki, Mehmet Muezzinoglu.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Efkan Ala mengatakan , ada satu atau dua pelaku di dalam mobil yang memang mengincar halte bus itu.

"Aparat keamanan sudah mendapatkan informasi penting dari investigasi," ujar Ala yang belum menuding satu kelompok pun sebagai tersangka peledakan bom.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas insiden berdarah itu. Namun, gaya serangan ini mirip dengan ledakan bom bunuh diri bulan lalu.

Pada 17 Februari, seorang pengebom bunuh diri, juga menggunakan mobil, menghantam iring-iringan militer Turki dan menewaskan 29 orang.

Serangan lalu itu diklaim oleh salah satu faksi dari Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang dilarang pemerintah Turki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.