Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2016, 14:38 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Guinness Book of World Records mencatat nama Yisrael Kristal (112) sebagai pria tertua di dunia saat ini. Warga Israel tersebut telah melewati dua era perang dunia dan termasuk penyintas kamp Nazi.

Saat rekor diumumkan, umurnya mencapai 112 tahun dan 178 hari. Sebelumnya, pria tertua di dunia adalah Yasutaro Koide dari Jepang, yang meninggal pada Januari 2016 dalam usia 112 tahun dan 312 hari.

Setelah menerima sertifikat Guinness Book of World Records, di Haifa, Jumat (11/3/2016), Yisrael Kristal mengatakan, dia tidak tahu apa rahasia umur panjangnya. Ia hanya meyakini bahwa semuanya ditentukan dari Yang Maha Kuasa.

"Saya percaya segala sesuatu ditentukan dari atas dan kita tidak akan pernah tahu apa alasannya," kata dia.

Yisrael Kristal lahir dekat Zarnow di Polandia pada tahun 1903. Yisrael Kristal dipisahkan dari orangtuanya yang merupakan pemuka agama selama Perang Dunia I.

Dia kemudian bekerja dalam bisnis gula-gula milik keluarga. Setelah invasi Polandia oleh Nazi Jerman pada tahun 1939, keluarga Kristal pindah ke Kota Lodz.

Yisrael Kristal dan istrinya, Chaja Feige Frucht, dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz pada 1944.

Istrinya dibunuh di Auschwitz. Namun, Yisrael Kristal bertahan hidup, melakukan kerja paksa di sana dan di kamp-kamp lain. Ketika ia ditemukan oleh Sekutu pada Mei 1945, beratnya hanya 37 kg.

Sebagai satu-satunya anggota di keluarganya yang selamat, Kristal beremigrasi ke Israel pada tahun 1950 dengan istri keduanya dan anaknya. Di sana, ia meneruskan bisnis gula-gula sampai pensiun.

Putrinya, Shula Kuperstoch, mengatakan, holocaust tidak pernah menggoyahkan keyakinan sang ayah.

"Dia optimistis, bijaksana, dan dia menghargai apa yang dia alami," katanya kepada Jerusalem Post.

Orang tertua yang masih hidup sekarang ini diyakini adalah perempuan Amerika Serikat, Susannah Mushatt Jones, yang pada 12 Maret 2016 berumur 115 tahun dan 250 hari.

Orang tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment dari Perancis, yang meninggal pada usia 122 tahun dan 164 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.