Kompas.com - 11/03/2016, 22:06 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com — Seorang tukang gas menemukan seekor tikus sebesar seekor anjing saat dia bekerja di sebuah kompleks apartemen di wilayah utara London, Inggris.

Tony Smith (46) menemukan hewan pengerat itu sudah dalam keadaan mati di semak-semak tak jauh dari taman bermain anak-anak di Hackney Downs, London.

Tony meyakini, hewan itu memiliki bobot lebih dari 12 kilogram dengan panjang sekitar 1,2 meter dari kepala hingga ekornya.

"Ini adalah tikus terbesar yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya," ujar Tony.

Dia kemudian meminta temannya, James Green, seorang tukang listrik, lalu mengambil foto tikus raksasa itu.

"Saya memiliki seekor kucing dan (anjing) Jack Russel. Tikus ini lebih besar dari kedua hewan peliharaan saya," tambah Tony.

Dia menambahkan, tong sampah di sekitar permukiman itu kerap dibiarkan terbuka sehingga tikus itu mendapatkan cukup banyak makanan.

Guinness World Record tak memiliki catatan soal tikus dengan tubuh terpanjang, tetapi spesies tikus terbesar ditemukan di Pulau Luzon, Filipina, dengan panjang tubuh sekitar satu meter.

Menurut Asosiasi Pengendali Hama Inggris (BPCA), terdapat dua spesies tikus di negeri itu, yaitu tikus coklat dan hitam.

"Tikus coklat adalah tikus terbesar di Inggris dan bisa mencapai bobot setengah kilogram dengan panjang tubuh mencapai 23 sentimeter tanpa menghitung ekornya," demikian penjelasan situs BPCA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.