Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pertahanan Rudal Rusia Siap Dikirim ke Iran

Kompas.com - 11/03/2016, 15:12 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com –Media Rusia, Jumat (11/3/2016), menyebutkan, Moskwa akan mengirim sistem pertahanan rudal S-300  pertama ke Iran per Agustus atau September 2016.

Terkait rencana pengiriman sistem pertahanan rudal Rusia itu disampaikan oleh kantor berita RIA. Media pemerintah ini mengutip pernyataan pemimpin konglomerasi industri Rostec, Rusia, Sergei Chemezov, Jumat.

Sebelumnya, RIA menguti sumber yang tidak disebut namanya. Laporan awal itu mengatakan, rudal-rudal S-300 yang pertama dari Rusia telah dikirim pada Februari lalu. Iran adalah salah satu sekutu dekat Rusia yang juga ikut membantu sekutu Suriah dalam menyerang oposisi moderat dan militan.

Iran sendiri sedang menikmati masa asal “kebebasan” baru setelah Barat, termasuk  AS,  dan PBB mencabut sanksi ekonomi terkait program nuklirnya. Namun, tidak lama setelah pencabutan sansi dua bulan silam, Iran kembali melakukan uji coba peluncuran rudal balistik.

Sementara itu Rusia juga telah melakukan serangan udara yang menarget posisi milis Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di kota tua Palmyra, Suriah, Kamis. Serangan itu untuk mendukung pasukan Presiden Suriah, Bashar al-Assad untuk merebut kembali kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com