Kompas.com - 10/03/2016, 11:05 WIB
EditorPascal S Bin Saju
PYONGYANG, KOMPAS.com – Militer Korea Utara (Korut) kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut lepas pantai timur, Laut Jepang, dan ditembakkan dari kota Wonsan, Kamis (10/3/2016) pagi. Pejabat militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, rudal ditembakkan sejauh 500 km dari titik penembakan.

Korut memiliki cadangan besar rudal jarak pendek. Namun kini sedang mengembangkan rudal jarak jauh dan rudal antarbenua.

Laporan tentang penembakan rudal terbaru itu terjadi di tengah situasi yang terus memanas dan ketegangan tinggi di Semenanjung Korea. Situasi itu muncul setelah Korut melakukan uji coba nuklir keempat pada Januari lalu dan meluncurkan roket jarak jauh pada Februari.

Tindakan Korut itu telah menuai kecaman Dewan Keamanan PBB, yang kemudian diikuti dengan pemberlakukan sanksi baru yang lebih tegas dari badan dunia itu. Washington pun menerapkan sanksi ekonomi bilateral terhadap Pyonghyang, yang kini justru ditanggapi lagi dengan penembakan rudal balistik jarak pendek dari Wonsan.

Korut menembakkan enam roket ke laut pekan lalu dengan menggunakan sistem peluncur multi roket (MLRS) dari Wonsan. Peluncuran itu disaksikan oleh pemimpin muda Korut, Kim Jong Un, yang memerintahkan militernya untuk siap selalu melakukan serangan pre-emptive terhadap musuh.

Jong Un, Rabu,  mengatakan, negaranya telah memiliki miniatur hulu ledak nuklir yang dapat dipasang pada rudal balistik. Ia memerintahkan peningkatan dan perbaikan kekuatan dalam sebuah komentar langsung pertamanya mengenai miniaturisasi hulu ledak nuklir itu.

Peningkatan aktivitas persenjataan Korut itu juga terjadi sebagai protesnya atas berbagai pelatikan militer bersama antara AS dan Korsel, AS dan Jepang. Pyongyang melihat, latihan bersama militer itu mengancam negaranya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.