Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Menembakkan Dua Rudal Balistik Jarak Pendek ke Laut Jepang

Kompas.com - 10/03/2016, 11:05 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com – Militer Korea Utara (Korut) kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut lepas pantai timur, Laut Jepang, dan ditembakkan dari kota Wonsan, Kamis (10/3/2016) pagi. Pejabat militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, rudal ditembakkan sejauh 500 km dari titik penembakan.

Korut memiliki cadangan besar rudal jarak pendek. Namun kini sedang mengembangkan rudal jarak jauh dan rudal antarbenua.

Laporan tentang penembakan rudal terbaru itu terjadi di tengah situasi yang terus memanas dan ketegangan tinggi di Semenanjung Korea. Situasi itu muncul setelah Korut melakukan uji coba nuklir keempat pada Januari lalu dan meluncurkan roket jarak jauh pada Februari.

Tindakan Korut itu telah menuai kecaman Dewan Keamanan PBB, yang kemudian diikuti dengan pemberlakukan sanksi baru yang lebih tegas dari badan dunia itu. Washington pun menerapkan sanksi ekonomi bilateral terhadap Pyonghyang, yang kini justru ditanggapi lagi dengan penembakan rudal balistik jarak pendek dari Wonsan.

Korut menembakkan enam roket ke laut pekan lalu dengan menggunakan sistem peluncur multi roket (MLRS) dari Wonsan. Peluncuran itu disaksikan oleh pemimpin muda Korut, Kim Jong Un, yang memerintahkan militernya untuk siap selalu melakukan serangan pre-emptive terhadap musuh.

Jong Un, Rabu,  mengatakan, negaranya telah memiliki miniatur hulu ledak nuklir yang dapat dipasang pada rudal balistik. Ia memerintahkan peningkatan dan perbaikan kekuatan dalam sebuah komentar langsung pertamanya mengenai miniaturisasi hulu ledak nuklir itu.

Peningkatan aktivitas persenjataan Korut itu juga terjadi sebagai protesnya atas berbagai pelatikan militer bersama antara AS dan Korsel, AS dan Jepang. Pyongyang melihat, latihan bersama militer itu mengancam negaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com