Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanders Kalahkan Hillary di Kaukus Maine

Kompas.com - 07/03/2016, 12:22 WIB
KOMPAS.com — Senator Bernie Sanders memenangi kaukus di Maine dalam rangkaian pemilihan kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat.

Seperti dilansir BBC Indonesia, Senin (7/3/2016), Sanders unggul dengan perolehan suara 64 persen, sementara Hillary Clinton memperoleh 36 persen suara.

Kandidat calon presiden dari Partai Republik, Marco Rubio, menang mudah di Puerto Riko, mengalahkan pesaingnya, Donald Trump.

Kendati demikian, Trump dan Clinton masih unggul dalam perolehan suara secara umum.

Bernie Sanders memenangi pemilihan pendahuluan di Kansas dan Nebraska. Namun, posisi Hillary masih unggul setelah meraih kemenangan besar di Lousiana.

Sementara itu, kemenangan di Puerto Riko akan menguntungkan posisi Rubio dengan mendapatkan 23 delegasi untuk konvensi Partai Republik.

Dia tentu berharap bisa meraih 1.237 delegasi untuk mengamankan posisinya dalam pemilihan presiden AS.

Sejauh ini, Rubio masih bersaing memperebutkan kursi calon presiden Partai Republik dengan Donald Trump dan Senator Texas, Ted Cruz.

Donald Trump menang dalam kaukus di Lousiana dan Kentucky pada Sabtu (5/3/2016).

"Saya ingin berhadapan satu lawan satu dengan Ted Cruz. Perolehan suara Marco Rubio sangat buruk. Saya minta Rubio mundur dari bursa pencalonan presiden di kubu Republik. Saya kira sudah waktunya Rubio mundur," kata Trump.

Senator Cruz yang memenangi kaukus di Kansas dan Maine menyatakan posisi Trump diuntungkan dengan terbaginya suara di kubu Republik.

"Posisi Donald Trump akan diuntungkan selama suara terpecah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com