Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Lawan Kebijakan Ilegal Israel yang Menyulitkan Rakyat Palestina

Kompas.com - 07/03/2016, 09:56 WIB
Kristian Erdianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menyerukan kepada seluruh anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk bersatu menjalankan rekonsiliasi di Palestina.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa OKI dibentuk karena adanya kebutuhan mendukung perjuangan Palestina. OKI harus menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah.

Seruan itu disampaikan Jokowi dalam pidato pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa OKI di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, Senin (7/3/2016).

Dalam awal pidatonya, Jokowi mengutip pidato Presiden pertama RI Soekarno yang menegaskan bahwa selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel.

"Kami bangsa Indonesia konsisten dengan janji tersebut. Hari ini, Indonesia berdiri bersama dengan negara-negara OKI untuk meneruskan perjuangan yang belum selesai itu," kata Jokowi.

AFP PHOTO / MAHMUD HAMS Seorang perempuan Palestina dievakuasi oleh sesama demonstran karena terluka terkena kaleng gas air mata dalam bentrokan dengan tentara Israel di dekat Nahal Oz, Gaza, 10 Oktober 2015.
Jokowi mengatakan, dunia prihatin dengan memburuknya situasi di Palestina sekarang. Banyak kebijakan sepihak dan ilegal, serta hukuman kolektif Israel semakin menyulitkan rakyat Palestina.

Akses umat Islam ke Masjid Al-Aqsa di Jerusalem juga dibatasi. Rakyat Palestina semakin tidak berdaya. Situasi kemanusiaan di wilayah-wilayah pendudukan semakin memburuk.

"Situasi tersebut harus bersama-sama kita hadapi, kita lawan. Untuk berjuang diperlukan kesatuan. Kita harus bersatu, Palestina harus bersatu, Palestina harus rekonsiliasi. Indonesia siap membantu proses rekonsiliasi ini," kata Jokowi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com