Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangi Kaukus Maine, Ted Cruz Kembali Pecundangi Donald Trump

Kompas.com - 06/03/2016, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Senator asal Texas, Ted Cruz, meraih kemenangan dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di negara bagian Maine, Amerika Serikat.

Ted Cruz kembali mengalahkan miliarder Donald Trump dalam Kaukus Maine, yang berlangsung Sabtu (5/3/2016) waktu setempat atau Minggu (6/3/2016) pagi di Indonesia.

Associated Press mencatat, Ted Cruz mendapatkan 45,9 persen suara.

Dengan demikian, dia meraih 12 suara delegasi dari total 23 suara delegasi Partai Republik di negara bagian yang terletak paling timur laut di AS.

Donald Trump di tempat kedua dengan 32,6 persen suara atau 9 suara delegasi.

Sedangkan Gubernur Ohio John Kasich menempati peringkat ketiga dengan perolehan 12,2 persen suara atau 2 suara delegasi.

Kasich mengalahkan senator asal Florida Marco Rubio yang mendapatkan 8 persen suara.

Kemenangan Ted Cruz atas Donald Trump ini merupakan kemenangan kedua untuk pemilihan pendahuluan hari ini, yang dilakukan partai konservatif tersebut.

Beberapa jam sebelumnya, Cruz berhasil mempecundangi Donald Trump di Kansas, salah satu negara bagian paling konservatif di AS.

(Baca: Ted Cruz Pecundangi Donald Trump di Wilayah Konservatif Kansas)

Dilansir dari Politico, hasil ini merupakan pukulan telak untuk Donald Trump. Sebab, sebelumnya pengusaha real estate itu telah mendapatkan dukungan dari Gubernur Maine Paul LePage.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com