Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkirkan Lenin, Warga Desa di Rusia Pilih John Lennon Jadi Nama Jalan

Kompas.com - 05/03/2016, 18:33 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Sekarang sudah bukan zamannya lagi komunis. Bahkan di Rusia sedikit demi sedikit berbagai pengingat di masa kejayaan komunis mulai dihilangkan.

Salah satunya di desa Kalinya, Oblas Zakarpattia. Warga desa ini memutuskan untuk menghapus Vladimir Lenin dari nama salah satu jalan di desa itu.

Padahal, Lenin adalah tokoh yang meruntuhkan Kekaisaran Rusia dan mendirikan Uni Soviet lewat Revolusi Bolshevik yang digagasnya.

Nah, sebagai ganti nama jalan itu, warga desa Kaliny memilih nama legenda musik yang juga aktivis perdamaian, John Lennon.

Gubernur setempat Hennadiy Moskal dikabarkan menjadi inisiator perubahan ini sebagai bagian dari upaya menghapus nama-nama tokoh komunis Rusia yang digunakan di berbagai nama tempat.

"Nama ini lebih modern dan akan mudah diingat rakyat karena nama mereka (Lenin dan Lennon) terdengar sama," ujar seorang warga desa di situs resmi desa Kaliny.

Tahun lalu, Presiden Ukraina Petro Poroshenko memberlakukan undang-undang baru untuk menyingkirkan berbagai patung, monumen dan nama-nama yang terkait dengan rezim Uni Soviet.

Daftar lebih dari 900 kota dan desa yang saat ini masih menggunakan nama-nama tokoh Uni Soviet sudah didata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com