Kompas.com - 05/03/2016, 18:33 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Sekarang sudah bukan zamannya lagi komunis. Bahkan di Rusia sedikit demi sedikit berbagai pengingat di masa kejayaan komunis mulai dihilangkan.

Salah satunya di desa Kalinya, Oblas Zakarpattia. Warga desa ini memutuskan untuk menghapus Vladimir Lenin dari nama salah satu jalan di desa itu.

Padahal, Lenin adalah tokoh yang meruntuhkan Kekaisaran Rusia dan mendirikan Uni Soviet lewat Revolusi Bolshevik yang digagasnya.

Nah, sebagai ganti nama jalan itu, warga desa Kaliny memilih nama legenda musik yang juga aktivis perdamaian, John Lennon.

Gubernur setempat Hennadiy Moskal dikabarkan menjadi inisiator perubahan ini sebagai bagian dari upaya menghapus nama-nama tokoh komunis Rusia yang digunakan di berbagai nama tempat.

"Nama ini lebih modern dan akan mudah diingat rakyat karena nama mereka (Lenin dan Lennon) terdengar sama," ujar seorang warga desa di situs resmi desa Kaliny.

Tahun lalu, Presiden Ukraina Petro Poroshenko memberlakukan undang-undang baru untuk menyingkirkan berbagai patung, monumen dan nama-nama yang terkait dengan rezim Uni Soviet.

Daftar lebih dari 900 kota dan desa yang saat ini masih menggunakan nama-nama tokoh Uni Soviet sudah didata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.