Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Komentar Anti-gay, Popularitas Manny Pacquiao Terus Merosot

Kompas.com - 04/03/2016, 17:45 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Gara-gara komentar anti-gay, popularitas petinju Filipina, Manny Pacquiao, terus merosot.  Jajak pendapat independen, Jumat (4/3) di Manila, menunjukkan, mantan juara dunia divisi delapan itu masih bisa memenangkan pemilu Senat, Mei mendatang.

Pacquiao telah berbicara keras dan lantang tentang gay dengan mengutip kata-kata Alkitab. Ia mendeskripsikan, homoseksual “lebih rendah dari binatang”. Pernyataannya itu menimbulkan gelombang kritik pedas bulan lalu di media sosial dalam dan luar negeri atasnya.

Akibat komentar antihomoseksual-nya itu, Nike, produsen pakaian olahraga terbesar di dunia, pun memutus hubungan kerja sama dengan Pacquiao. Nike juga mengatakan bahwa komentar Pacquiao itu memuakkan dan bahwa mereka menentang semua jenis diskriminasi.

Anggota Kongres Filipina dari Distrik Lone, Sarangani, berusia 37 tahun itu semula berada di peringkat 11, namun gara-gara komentarnya, popularitasnya jatuh ke posisi 14 dalam survei 15-20 Februari. Pada Januari lalu posisinya berada di urutan 8 pun turun ke posisi 10.

"Ada penurunan besar dalam jumlah pada survei terbaru," kata Ronald Holmes, Presiden Pulse Asia, lembaga independen yang melakukan survei terhadap 1.800 orang di Filipina.

"Tampaknya, komentarnya tentang isu pernikahan sesama jenis telah menyusahkannya karena telah diberikan secara luas di media," tambah Holmes.

 Survei yang dilakukan pada Februari menunjukkan 34,8 persen responden mendukung Pacquiao, turun dari 46,9 persen pada Januari. Senator petahan Vicente Sotto, seorang komedian televisi, menduduki puncak jajak pendapat yakni 63,6 persen.

Pacquiao bukan satu-satunya kandidat yang menang potensial rating turun, kata Holmes. "Komentar anti-gay-yya bisa menjadi alasan utama," katanya, tetapi menambahkan bahwa survei tidak mempertanyakan responden tentang alasan untuk perubahan.

Banyak di Filipina percaya Pacquiao menyakiti perasaan beberapa orang dengan pernyataannya tentang pernikahan sesama jenis. Tidak diperbolehkan di negara 100 juta orang, 80 persen dari mereka Katolik Roma. Tidak ada tanggapan segera dari Pacquiao.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com