Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para "Pengantin" ISIS Serang Markas Tentara Irak, 1 Jenderal Tewas

Kompas.com - 01/03/2016, 17:41 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Empat orang pengebom bunuh diri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil masuk ke sebuah markas angkatan darat di wilayah barat Baghdad.

Di sana, mereka meledakkan diri dan menewaskan lima orang prajurit dan seorang jenderal. Demikian pernyataan polisi dan militer, Selasa (1/3/2016).

Keempat "pengantin" ISIS itu beraksi di markas regional angkatan darat di Haditha, Provinsi Anbar, pada Senin (29/2/2016) malam.

Aksi tersebut menewaskan Brigjen Ali Aboud, Letkol Farhan Ibrahim, dan empat personel militer lainnya.

Panglima Komando Operasi Al-Jazeera, Mayjen Ali Ibrahim Daboun, mengatakan, seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri di dalam kantor Aboud.

Sementara itu, tiga lainnya meledakkan diri di beberapa lokasi terpisah di dalam markas tersebut. Insiden ini juga melukai tujuh prajurit lainnya.

Kepala Kepolisian Haditha, Letnan Kolonel Faruq al-Jughaifi, membenarkan kejadian tersebut sambil menambahkan aksi tersebut dilakukan di dekat sebuah bendungan besar di kawasan itu.

"Para pengebom bunuh diri menyamar dengan menggunakan seragam militer," kata Faruq.

Sebagian besar wilayah Provinsi Anbar masih dikuasai ISIS sejak Juni 2014. Namun, sejak tahun lalu, ISIS mulai tertekan akibat serangan pasukan pemerintah yang didukung koalisi pimpinan AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com