Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Parlemen Kulit Hitam Disangka Petugas Kebersihan dan Diusir

Kompas.com - 01/03/2016, 09:40 WIB
WESTMINSTER, KOMPAS.com - Dawn Butler, seorang anggota parlemen Inggris menjadi korban rasisme di Westminster. Dia disangka sebagai petugas pembersih dan diusir dari lift oleh anggota parlemen lainnya, semata karena berkulit hitam.

Dawn Butler, mengatakan kepada BBC, saat kejadian dia sedang berada di dalam lift yang diperuntukkan bagi anggota parlemen. 

Lalu ada seorang anggota anggota Majelis Rendah yang tak disebutkan namanya mengatakan, "Lift ini bukan untuk petugas pembersih, ya."

Anggota parlemen dari partai Buruh itu mengatakan, kejadian itu hanya satu dari begitu banyak kejadian rasisme yang ia derita selama duduk di kursi parlemen.

Perempuan berusia 46 tahun itu menjadi anggota parlemen pada tahun 2005, dan terpilih lagi dalam Pemilu tahun lalu.

Mantan Wali Kota London Ken Livingstone mengatakan, kejadian-kejadian yang dihadapi Dawn Butler merupakan kekonyolan. Sebab, wanita itu bukan orang baru dan sering tampil dan berbicara di ruang sidang.

Dawn Butler adalah putri seorang imigran Jamaika. Dia pun menjelaskan contoh lain perlakuan rasis yang dia alami di Majelis Rendah.

Saat menulis untuk Fawcett Society, dia mengaku pada tahun 2008 dia pernah ditegur oleh mantan menteri yang mempertanyakan apakah ia mendapat izin untuk berada di kawasan khusus anggota parlemen di teras.

Dituliskannya, sesudah menjawab, dia seorang anggota parlemen, sang bekas menteri berkata: "Sekarang ini siapa saja bisa masuk (jadi anggota parlemen)."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com