Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Caci Maki Erdogan, Wanita Turki Dituntut Suaminya Sendiri

Kompas.com - 23/02/2016, 21:21 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Bagi sebagian rakyat Turki, kehormatan Presiden Recep Tayyip Erdogan jauh lebih penting dari apa pun, termasuk istri.

Seorang pria Turki dikabarkan mengajukan tuntutan hukum terhadap istrinya sendiri karena dia dianggap menghina Erdogan.

Harian Yeni Safak mengabarkan, seorang pengemudi truk bernama Ali D memperingatkan istrinya agar tidak memaki Erdogan setiap kali sang presiden muncul di televisi.

Bukannya berhenti memaki Erdogan, perempuan itu malah menantang sang suami untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap dirinya.

Memenuhi tantangan sang istri, Ali mengajukan tuntutan resmi beserta sejumlah bukti berupa rekaman caci maki sang istri kepada Erdogan. Ali mendaftarkan tuntutannya itu ke kantor kejaksaan wilayah Izmir.

"Saya sudah memperingatkan dia, mengapa kamu melakukan ini? Presiden kita adalah orang baik dan sudah melakukan yang terbaik untuk Turki," ujar Ali seperti dikutip harian Yeni Safak.

"Bahkan jika ayah saya yang memaki dan menghina presiden, saya tidak akan memaafkannya dan akan menuntutnya," tambah Ali.

Akibat dituntut suaminya sendiri, istri Ali dikabarkan kini mengajukan gugatan cerai ke pengadilan.

Erdogan banyak dikritik karena dianggap menerapkan sistem pemerintahan otoriter di Turki dengan memberangus para pengkritiknya mulai dari jurnalis, akademisi, hingga dokter.

Bahkan seorang dokter harus berurusan dengan hukum karena mengunggah foto Erdogan ke media sosial dan menyandingkannya dengan karakter Gollum dari trilogi The Lords of the Rings.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com