Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Bom Bunuh Diri di Afghanistan, 13 Orang Tewas

Kompas.com - 23/02/2016, 09:00 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Sebanyak 13 orang, sembilan di antaranya adalah warga sipil, tewas akibat bom bunuh diri yang menarget kepolisian Afghanistan di kawasan barat laut Kabul, Senin (23/2/2016).

Kelompok gerilyawan Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Target utama pelaku bom bunuh diri adalah kepala kepolisian lokal yang hanya menderita luka-luka.

Insiden itu terjadi menjelang perundingan empat pihak di Kabul untuk menyelesaikan proses perdamaian antara pemerintah dan Taliban yang telah berperang selama 14 tahun.

"Sebanyak 13 orang tewas, sembilan warga sipil dan empat anggota polisi. Selain itu, 19 lainnya terluka dan 17 di antaranya adalah warga sipil," kata Kepala Kepolisian Provinsi Parwan, Mohammed Zaman Mamozai, kepada AFP.

Keterangan berbeda disampaikan oleh Juru Bicara Gubernur Provinsi, Wahid Seddiqi, yang menyatakan bahwa jumlah korban adalah 14 orang (enam polisi dan delapan warga sipil).

Serangan itu terjadi di Distrik Siagerd, sekitar 60 km di barat laut Kabul, sebuah wilayah pegunungan terpencil yang menjadi basis kuat Taliban.

Seddiqi mengatakan bahwa target serangan bom bunuh diri adalah Komandan Kepolisian Lokal Afghanistan (ALP), sebuah pasukan keamanan bentukan Amerika Serikat pada 2010 untuk membantu pemerintah memerangi gerilyawan.

ALP sering kali dituduh melanggar hak asasi manusia dan akibatnya menjadi target operasi Taliban.

Taliban sendiri telah mengintensifkan gerakan mereka sejak berakhirnya misi perang NATO pada akhir 2014 lalu dengan serangan-serangan bom di berbagai wilayah Afghanistan.

Namun, pemerintah Afghanistan bersama Tiongkok, Pakistan, dan Amerika Serikat juga meningkatkan upaya untuk memulai kembali perundingan damai dengan kelompok-kelompok gerilyawan setelah sempat dihentikan pada pertengahan tahun lalu.

Putaran keempat perundingan tersebut akan kembali digelar pada Kamis di Kabul.

Di sisi lain, serangan bom bunuh diri terjadi setelah pasukan militer Afghanistan mundur dari dua distrik di sebelah selatan Provinsi Helmand--sebuah aksi yang menunjukkan kekuatan besar Taliban di daerah produsen opium tersebut.

"Tentara Afghanistan mundur dari pangkalan militer di distrik Musa Qala dan Nazwaz pada Sabtu," kata Gubernur Khan Rahimi kepada AFP, Senin.

Dia menerangkan bahwa para tentara tersebut harus pindah ke daerah Helmand yang lain seperti distrik Lashkar Gah dan Sangin di mana sering terjadi insiden tembak menembak.

"Kami harus memastikan keamanan di daerah-daerah rawan yang lain," kata dia.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com