Kompas.com - 22/02/2016, 18:30 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Awak misi Apollo 10 yang mengorbit Bulan selama dua bulan sebelum pendaratan bersejarah Neil Armstrong mengaku mendengar suara "musik" yang aneh dan tak dapat dijelaskan dari arah sisi gelap Bulan.

Kebingungan dengan fenomena itu, para astronot tak dapat memutuskan apakah akan melaporkan hal tersebut ke pusat misi NASA atau membiarkan saja hal tersebut.

Para astronot melintasi sisi terjauh Bulan saat wahana angkasa itu kehilangan semua kontak radio dengan pusat misi di Bumi selama sekitar satu jam.

Saat itu, para astronot tak dapat menghubungi Bumi, dan para petugas di pusat kontrol NASA juga tak bisa mendengarkan para astronot.

Sebuah rekaman yang dirilis NASA belum lama ini menujukkan rasa terkejut dan kebingungan saat para astronot mendengar suara-suara aneh itu.

"Kalian dengar itu? Suara bersiul? Whoooo," ujar salah seorang astronot.

"Suara ini seperti, kau tahu, musik luar angkasa," timpal astronot lainnya.

"Kalau begitu, ini adalah musik yang aneh," kata seorang lagi.

Suara semacam "musik" itu terdengar selama hampir satu jam sebelum para astronot kembali bisa berhubungan dengan pusat misi di Bumi.

Salah seorang astronot juga terdengar menanyakan apakah mereka perlu melaporkan hal ini kepada NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.