Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gulma "Hairy Panic" Susupi Rumah-Rumah di Wangaratta

Kompas.com - 19/02/2016, 05:00 WIB
WANGARATTA, KOMPAS.com - Sekumpulan tanaman liar kering yang tumbuh dengan cepat menjejali  rumah-rumah di Wangaratta, sebuah kota kecil di negara bagian Victoria, Australia.

Kondisi cuaca yang sangat kering menyebabkan gulma-gulma menumpuk setiap hari di pekarangan rumah-rumah yang berderet wilayah timur laut Victoria itu.

Tanaman kering liar ini dikenal dengan sebutan hairy panic. Hairy panic juga dikenal dengan nama Latin Panicum effusum. Ini adalah jenis rumput yang ditemukan di setiap negara bagian Australia.

Para warga frustrasi dengan situasi ini. Mereka harus menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk membersihkan gulma-gulma tersebut. Tumpukan gulma dan rumput kering bisa setinggi atap.

"Pekerjaan ini menguras fisik dan lebih-lebih lagi, mental," keluh seorang warga, Pam Twitchett mengatakan pada stasiun televisi Prime7 News Albury.

Rumput itu tumbuh sangat cepat dan disebut dapat menyebabkan kondisi fatal bagi domba yang memakannya.

Dokter hewan dari Wangaratta, Richard Evans mengatakan, racun yang ada dalam gulma tersebut akan hilang setelah mengering.

"Tanaman itu tidak membunuh anjing-anjing dan kucing-kucing peliharaan warga, itu hanya mengakibatkan segalanya berantakan saja," kata dia.

Sejumlah laporan mengatakan, pihak berwenang tidak dapat membantu para warga menyingkirkan semak-semak kering ini, karena tidak menimbulkan ancaman kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com