Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Kekuatan, Jet "Siluman" F-22 Beraksi di Perbatasan Dua Korea

Kompas.com - 17/02/2016, 12:14 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Empat pesawat tempur siluman F-22 Raptors terbang melintas di wilayah udara Korea Selatan dari sebuah pangkalan udara di dekat ibu kota Seoul, Rabu (17/2/2016).

Aksi keempat pesawat canggih itu adalah sebagai unjuk kekuatan menyusul uji coba rudal dan peluncuran satelit yang dilakukan Korea Utara.

Dikawal delapan jet tempur Angkatan Udara AS dan Korea Selatan, jet-jet yang mampu "menghilang" dari radar itu mendarat di Pangkalan Udara Osan dekat kota Pyeongtake sekitar 70 kilometer sebelah selatan perbatasan dengan Korea Utara.

Setelah meninggalkan pangkalan mereka di prefektur Okinawa, Jepang, sejauh ini tidak diketahui berapa lama keempat jet F-22 Raptors itu akan berada di Korea Selatan yang biasanya tidak digunakan sebagai pangkalan pesawat jenis siluman.

Bulan lalu sebuah pesawat pengebom raksasa AS juga melakukan terbang lintas di Korea Selatan dalam sebuah unjuk kekuatan merespons tes nuklir keempat Korea Utara beberapa hari sebelumnya.

Pesawat pengebom B-52 Stratofortress itu melakukan aksi terbang rendah sebelum kembali ke Pangkalan Udara Andersen di Guam.

Pada Senin (15/2/2016), sebuah kapal selam nuklir USS North Carolina tiba di Pelabuhan Busan untuk melakukan latihan bersama dengan AL Korea Selatan.

Sementara itu, kapal induk nuklir USS John C Stennis dijadwalkan bergabung dengan latihan militer gabungan tahunan Korsel-AS pada Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com