Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Korea Utara Diduga Tak Berfungsi dengan Baik

Kompas.com - 10/02/2016, 17:41 WIB
KOMPAS.com — Satelit milik Korea Utara yang baru saja diluncurkan telah mencapai orbit dalam keadaan stabil. Namun, satelit tersebut tak terdeteksi mengirimkan data ke bumi.

Demikian disampaikan sebuah sumber ahli antariksa dari Amerika Serikat dikutip Reuters. Menurut sumber tersebut, sejauh ini, belum berfungsinya satelit itu menunjukkan bahwa Korea Utara gagal meyakinkan para ahli terkait kemajuan teknologi roket Pyongyang.

"Satelit sudah berada di orbit sekarang, sudah bisa dikendalikan," kata sumber dari pejabat AS itu, Rabu (10/2/2016).

Satelit Korea Utara kali ini, kata pejabat itu, tidak seperti satelit sebelumnya yang diluncurkan pada 2012 dan tak pernah stabil. Kendati demikian, satelit yang baru sekarang ini tak terkoneksi dengan bumi.

Peluncuran satelit dengan rudal jarak jauh oleh Korea Utara pada Minggu lalu memicu kemarahan negara-negara tetangga dan Amerika Serikat. Mereka menganggap peluncuran satelit ini sebagai bagian dari uji coba rudal jarak jauh. Peluncuran ini mengikuti uji coba nuklir keempat Korea Utara pada Januari 2016 lalu.

Presiden As Barack Obama berbicara kepada pemimpin Korea Utara dan Jepang melalui sambungan telepon Senin malam dan menjamin dukungan Washington kepada kedua negara itu.

Obama juga menyerukan respons kuat internasional atas peluncuran satelit tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com