Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan Pecah di Hongkong Saat Polisi Tertibkan PKL

Kompas.com - 09/02/2016, 12:18 WIB
HONGKONG, KOMPAS.com — Bentrokan pecah di distrik Mong Kok, Hongkong, Selasa (9/2/2016) pagi, dalam sebuah operasi polisi untuk membersihkan warung-warung milik pedagang kaki lima (PKL) ilegal.

Bentrokan meletus ketika para inspektur makanan dan kebersihan berusaha untuk memindahkan para pedagang agar menjauh dari persimpangan jalan utama pada Selasa dini hari.

Para pedagang yang marah kemudian melemparkan batu bata dan benda-benda keras lainnya ke arah polisi, yang menanggapi lemparan itu dengan tongkat dan semprotan merica.

Salah seorang pejabat senior Hongkong mengatakan, polisi telah melepaskan dua tembakan peringatan, dan bahwa 44 orang, termasuk polisi, terluka dalam peristiwa itu.

Pemerintah Hongkong mengecam kekerasan tersebut. Otoritas setempat mengatakan, "massa" terdiri atas ratusan orang.

"Massa merusak mobil polisi dan properti publik, melakukan pembakaran, melemparkan batu bata dan benda-benda lain kepada polisi yang terluka, yang berada di lapangan, sehingga sangat membahayakan keselamatan petugas polisi dan orang-orang lain di lokasi," kata pihak berwenang.

Pihak berwenang menjanjikan, mereka yang terlibat akan "ditangkap dan diseret ke pengadilan".

Yau Siu-kei, yang menjabat sebagai komandan distrik Mong Kok, menyalahkan "unsur-unsur radikal" atas apa yang dia katakan sebagai kerusuhan itu.

"Karena banyak perusuh yang menyerang polisi dengan benda keras dan secara serius mengancam kehidupan mereka, tidak ada pilihan selain melindungi rekan-rekan," katanya seperti dikutip South China Morning Post.

Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan, para pedagang mengabaikan peringatan untuk meninggalkan daerah itu. Tiga orang, berusia antara 27 dan 35 tahun, telah ditangkap karena menyerang dan menghalangi petugas.

Bentrokan itu berlangsung hingga pagi hari. Itu merupakan kerusuhan terbesar di Hongkong sejak protes jalanan secara besar-besaran kaum pro-demokrasi tahun 2014.

Hongkong sedang merayakan Tahun Baru Imlek, yang dimulai pada hari Senin. Libur umum terkait perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama tiga hari.

Para pedagang kaki lima menjual suvenir, makanan, dan minuman di daerah itu sepanjang tahun, terutama selama Tahun Baru Imlek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bbc.co.uk
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com