Kompas.com - 29/01/2016, 03:26 WIB
EditorSandro Gatra

KOMPAS.com — Korea Utara kemungkinan mempersiapkan peluncuran roket karena aktivitas di sekitar Stasiun Peluncuran Satelit Sohae terpantau meningkat. Hal itu disampaikan sejumlah pejabat Amerika Serikat.

Seorang pejabat mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa peluncuran tersebut kemungkinan "untuk satelit atau kendaraan angkasa luar".

Tidak ada isyarat yang menunjukkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk peluncuran peluru kendali balistik.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB merundingkan penerapan sanksi baru terhadap Korea Utara setelah negara itu melakukan tes nuklir keempat pada tanggal 6 Januari. (Baca: AS dan China Desak Resolusi Baru PBB Terkait Korea Utara)

Pyongyang mengatakan telah berhasil melakukan uji coba bom hidrogen, tetapi para ahli nuklir mempertanyakan pernyataan tersebut karena ledakannya tidak cukup kuat.

Pada Kamis (28/1/2016) pagi, kantor berita Jepang, Kyodo, melaporkan, para pejabat Jepang mengkhawatirkan kegiatan baru-baru ini di stasiun peluncuran yang juga dikenal dengan nama Tongchang-ri itu.

Analisis gambar satelit mengisyaratkan persiapan sedang dilakukan untuk peluncuran roket atau peluru kendali, kemungkinan dalam waktu seminggu, menurut para pejabat.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip seorang sumber pemerintah yang mengatakan, layar telah dipasang di bagian penting tempat tersebut, kemungkinan untuk menangkal pengamatan satelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.