Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Diserang Penyakit Misterius, Pesawat Amerika Putar Balik

Kompas.com - 28/01/2016, 16:50 WIB
KOMPAS.com — Pesawat American Airlines dari London Heathrow tujuan Los Angeles, Amerika Serikat, terpaksa kembali karena penyakit misterius menyerang kru dan penumpang.

Pesawat dengan nomor penerbangan AA109 itu berangkat dari London dengan membawa banyak penumpang dan 13 kru.

Ketika mendekati Keflavik, sebuah kota di Islandia barat daya, penyakit aneh tiba-tiba menyerang kru dan penumpang.

Dari 13 kru, 7 orang di antaranya terkena penyakit asing itu. Sementara itu, jumlah penumpang yang terserang penyakit tersebut tidak disebutkan angkanya, hanya dikatakan "banyak".

Akibat serangan penyakit tak dikenal itu, para penumpang panik. Kru pesawat pun menyatakan status darurat medis dan memutuskan untuk kembali ke London.

Setibanya di London, tim medis dan pemadam kebakaran segera masuk ke kabin pesawat untuk memeriksa keadaan kru dan penumpang.

Salah seorang penumpang, Lee Gun, kepada Mirror Online, mengatakan, selama 2,5 jam penerbangan, saat pesawat melewati Islandia, sebuah pengumuman disampaikan melalui pengeras suara berupa permintaan bagi penumpang yang berprofesi doktor ataupun perawat untuk membantu penumpang yang sakit.

"Lampu kemudian menyala di kabin, dan tiba-tiba terjadi keributan," kata Gun.

"Dalam pengumuman itu juga disampaikan bahwa 7 dari 13 kru jatuh sakit. Hal yang sama juga dialami oleh 'banyak' penumpang," kata dia.

Sementara itu, American Airlines, melalui pernyataan resmi, membenarkan bahwa pesawat AA109, Boeing 777-300, dari London Heathrow tujuan Bandara Internasional Los Angeles, kembali ke Heathrow karena darurat medis.

"Pesawat berangkat dari Heathrow pada pukul 12.05 waktu setempat dan semestinya mendarat di Los Angeles pukul 17.00 waktu setempat," demikian menurut pernyataan itu.

"Kami meminta maaf kepada penumpang atas ketidaknyamanan selama perjalanan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com