Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Bocah Pakai "Jersey" Messi dari Tas Keresek Terpecahkan

Kompas.com - 27/01/2016, 22:43 WIB
KOMPAS.com — Misteri tentang identitas anak laki-laki yang menggunakan tas keresek dengan tulisan nama bintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi, tampaknya sudah terpecahkan.

Anak berusia lima tahun itu, Murtaza Ahmadi, yang berasal dari daerah pedesaan di Afganistan, merupakan penggemar berat Messi. Berita ini bertolak belakang dengan laporan yang menyebutkan bahwa anak ini berasal dari wilayah Kurdi, Irak.

Anak laki-laki ini mulai mencuri perhatian netizen setelah foto yang menunjukkan posenya dari belakang memperlihatkan tas plastik bergaris-garis biru dengan tulisan "Messi".

Foto ini menjadi viral, dengan imbuhan informasi bahwa anak tersebut berasal dari Kurdi, Irak, dan bahwa bintang Barcelona, Messi, ingin bertemu dengan penggemar mudanya ini agar ia mendapatkan jersey yang layak.

Azim Ahmadi, seorang Afganistan yang tinggal di Australia, menerbitkan foto keponakannya, Murtaza, yang ia sebutkan merupakan anak di foto itu.

Foto-foto dari Murtaza lalu menunjukkan banyak kesamaan ketika dibandingkan dengan foto misterius yang beredar sebelumnya.

Azim menyambungkan BBC Trending dengan kakaknya, Arif, ayah Murtaza, yang menjawab telepon di Afganistan dan memastikan bahwa putranya adalah anak di foto yang menyebar di internet itu.

Arif mengatakan, foto Murtaza diambil oleh putra tertuanya, Hamayon, yang kemudian diunggah via akun Facebook-nya.

Adapun keluarga Murtaza tinggal di kawasan Jaghori di provinsi Ghazni, Afganistan.

"Anak ini penggemar berat Messi dan sepak bola. Namun, tidak mungkin bagi kami membelikan kaus jersey untuknya. Saya petani biasa. Jadi, anak-anak memutuskan untuk menggunakan tas plastik," ujar Arif.

Ia mengatakan, Murtaza tahu bahwa ia sekarang terkenal, dan ia pun "sangat senang".

Bila klaim tersebut memang benar bahwa Murtaza adalah anak laki-laki di foto itu, maka fakta ini akan bertolak belakang dengan laporan di TV Kurdi yang menyebutkan bahwa anak yang misterius itu adalah anak laki-laki lain.

Menurut media TV Kurdistan, anak laki-laki di foto tersebut bernama Homin, dan dia tinggal di Dohuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com