Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KJRI: 13 Jenazah WNI Korban Kapal Tenggelam Sedang Divisum

Kompas.com - 26/01/2016, 23:17 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru menjelaskan, 13 jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang ditemukan di perairan laut Kelise, Johor, Malaysia, Selasa (26/1/2016), sedang divisum oleh pihak Rumah Sakit Sultan Ismail Johor Bahru.

"Visum dilakukan untuk memastikan sebab dari kematian WNI tersebut," kata Konjen RI Johor Bahru Taufiqur Rijal saat menyampaikan perkembangan informasi terhadap korban tewas akibat kapal tenggelam di perairan Kelise, Johor, Selasa malam, seperti dikutip Antara.

Menurut dia, sudah delapan jenazah yang divisum, dan selanjutnya menyusul lima jenazah lagi.

Langkah berikutnya adalah melakukan identifikasi dokumen yang ditemukan dengan jenazah yang ada.

Konsul Jenderal RI di Johor Bahru Taufiqur Rijal menjelaskan bahwa kepolisian setempat menemukan 13 jenazah, terdiri atas sembilan perempuan dan empat laki-laki. Mereka merupakan korban kapal tenggelam setelah dihantam ombak setinggi tiga meter.

Kapal tersebut diduga berangkat dari perairan Indonesia dan masuk ke perairan wilayah Sungai Tengah, Bandar Penawar Kota Tinggi, Malaysia, secara ilegal.

Sementara itu, dokumen yang ditemukan di TKP akan diverifikasi dengan 13 jenazah yang ada di RS Sultan Ismail.

Dokumen yang ditemukan di TKP tercatat atas nama 16 WNI yang terdiri dari paspor, SIM Malaysia, KTP ataupun Kartu Anggota Pramuka. Sementara jenazah yang ditemukan sebanyak 13 orang.

"Setelah visum selesai, maka esok akan dilanjutkan proses identifikasi dokumen dengan jenazah yang ada," ucapnya.

Kepada warga yang merasa kehilangan anggota keluarga ataupun kerabatnya bisa menghubungi KJRI Johor Bahru ataupun mendatangi rumah sakit Sultan Ismail Johor Bahru.

"Pihak keluarga korban bisa menghubungi kami melalui telepon selular beberapa anggota satgas perlindungan KJRI Johor Bahru," jelasnya.

KJRI Johor Bahru telah menyediakan kontak darurat bagi publik di Indonesia yang merasa kehilangan saudara atau kerabatnya di nomor seluler +60177301424 (Marsianda) dan +60103665506.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com