Kompas.com - 18/01/2016, 08:37 WIB
EditorEgidius Patnistik
VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menyambut beberapa ribu pengungsi dari Lapangan Santo Petrus di Vatikan bersamaan dengan hari yang didedikasikan Gereja Katolik untuk para pengungsi, Minggu 17 Januari.

Dalam khotbah terbukanya, Paus mengatakan para pengungsi membawa "sebuah sejarah, sebuah budaya, sebuah nilai-nilai berharga" dan mendesak mereka untuk tidak kehilangan harapan.

"Kehadiran Anda di alun-alun ini merupakan pertanda harapan dari Tuhan. Jangan biarkan diri Anda kehilangan harapan dan kegembiraan hidup," jelasnya.

Sekitar 5.000 pengungsi, termasuk para pencari suaka, mengibarkan bendera asal negara mereka saat khotbah Paus.

Eropa saat ini sedang menghadapi gelombang arus pengungsi dan tahun 2015 lalu saja diperkirakan lebih dari satu juta pengungsi memasuki Eropa, sebagian besar dari Suriah, Irak, maupun negara-negara lainnya.

Krisis pendatang di Eropa ini juga menyebabkan perbedaan pendapat di kalangan negara-negara anggota Uni Eropa karena sebagian ingin membatasi dengan ketat kedatangan para pengungsi.

Pekan lalu, dalam pertemuan dengan para diplomat, Paus mendesak Eropa untuk terus menyambut para pendatang walau mengandung risiko keamanan dan tantangan lainnya.

Dan September tahun lalu, Vatikan sudah menerima satu keluarga Katolik dari Damaskus yag ditempatkan di salah satu apartemen di Vatikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.